Belajar di 10 Universitas yang Memiliki Jurusan MBA Terbaik di Dunia

Jurusan MBA Terbaik di Dunia

Belajar di 10 Universitas yang Memiliki Jurusan MBA Terbaik di Dunia – Memiliki pendidikan di jenjang yang tinggi tentu idaman bagi setiap siswa di dunia termasuk Indonesia. Apalagi saat ini tersebar luas kampus bergengsi yang menawarkan program belajar unggulan untuk setiap siswanya. Salah satu yang sering diincar siswa saat kuliah adalah memilih kampus dengan jurusan MBA terbaik di dunia. Dengan begitu, mereka bisa menjadi lulusan MBA terbaik dan berskala internasional.

Bagi kalangan profesional, mendapat gelar lulusan MBA tampaknya sebuah langkah tepat demi meningkatkan karir mereka. Bukan tanpa alasan, manfaat pendidikan MBA berlaku untuk semua industri terlepas dari bidang apapun. Biasanya jurusan MBA terbaik terdapat di berbagai universitas bergengsi di luar negeri. Penasaran apa saja universitas yang memiliki jurusan MBA terbaik di seluruh dunia? Anda bisa simak informasinya di bawah ini.

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan MBA Terbaik di Dunia

Banyak alasan mengapa siswa memilih universitas dengan jurusan MBA terbaik di dunia. Salah satunya yaitu untuk belajar keterampilan baru yang tak akan didapatkan dalam waktu cepat. Bagi Anda yang berencana bekerja dalam kapasitas manajerial, maka MBA bisa membantu untuk membangun keterampilan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk berhasil di industri tersebut.

Selain itu, menyelesaikan program pendidikan MBA menunjukkan komitmen belajar, sekaligus meningkatkan dan menerapkan keterampilan yang dapat membantu keberhasilan sebuah perusahaan. Orang yang memiliki gelar MBA juga akan merasa percaya diri lantaran mempunyai kekayaan informasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki gelar tersebut.

Untuk itulah, Anda perlu mencari tahu kampus mana yang memiliki jurusan MBA terbaik di dunia? Berikut ini ada informasi seputar daftar universitas yang memiliki jurusan MBA terbaik di seluruh dunia dan mungkin saja bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

1.      Stanford University

Jurusan MBA Terbaik di Dunia

Kampus yang memiliki jurusan MBA terbaik di dunia pertama ada Stanford University. Banyak orang populer yang sudah mengenyam pendidikan di kampus tersebut, salah satunya adalah Maudy Ayunda. Saat itu, sang aktris juga memilih jurusan MBA di Stanford University sebagai kampus keduanya di setelah menyelesaikan pendidikan jenjang S1 di Oxford University. Tak heran jika Stanford University termasuk kampus terbaik di dunia.

Bukan tanpa alasan, Oxford University juga mempunyai banyak jurusan dan konsentrasi yang dapat dipilih para peserta didik seperti pemasaran, keuangan, e-commerce, general management, kewirausahaan, manajemen teknologi dan manufaktur, sera masih banyak lagi. Untuk biaya kuliah di Stanford University full time, Anda perlu merogoh kocek USD 70.90 per tahun atau setara dengan Rp 1,012 miliar dalam durasi 21 bulan.

2.      Harvard University

Universitas yang memiliki jurusan MBA terbaik di dunia berikutnya adalah Harvard University. Perguruan tinggi yang berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat tersebut menawarkan bermacam jurusan yang berfokus kepada bisnis dan manajemen seperti general manajemen, ekonomi, e-commerce, keuangan, etika, pajak, kewirausahaan, dan masih banyak lagi.

Agar bisa berkuliah di Harvard University, Anda juga tak hanya perlu mempersiapkan kemampuan yang dimiliki. Sebab Anda juga harus mempersiapkan biaya kuliah yang terkenal sangat menguras kantong. Bagaimana tidak, untuk biaya kuliah full time di Harvard University, Anda harus membayar USD 73.440 per tahun atau senilai Rp 1,055 miliar dengan durasi kuliah 24 bulan.

3.      Columbia Business School

Jurusan MBA Terbaik di Dunia

Rekomendasi universitas dengan jurusan MBA terbaik di dunia berikutnya adalah Columbia Business School yang merupakan bagian dari Ivy League. Universitas tersebut menonjol dengan reputasi unggulan terutama di bidang keuangan. Para mahasiswa MBA di Columbia Business School akan mendapat kebebasan mengganti mata kuliah inti dengan berbagai pilihan, selama mereka mampu membuktikan keahliannya di mata kuliah tersebut.

Columbia Business School membagi sistem pendidikan dalam Learning Teams yang beranggotakan 5 mahasiswa dengan program berdurasi 20 bulan. Para mahasiswa jurusan MBA di Columbia Business School nantinya bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai tugas dari mata kuliah inti. Sekolah tersebut sudah melahirkan alumni ternama seperti Noor Pahlavi, Mitch Albom, dan Warren Buffett.

4.      Cambridge Judge Business School

Berikutnya ada Cambridge Judge Business School di Inggris yang menawarkan program pendidikan dalam jurusan MBA terbaik di dunia selama 12 bulan dengan reputasi kuat. Program MBA yang ada di Cambridge Judge Business School memberikan pilihan pengembangan keterampilan mahasiswa lewat bermacam mata kuliah inti serta pilihan yang memungkinkan para mahasiswa menyesuaikan dengan minat dan tujuan masing-masing.

Di samping itu, Cambridge Judge Business School menonjolkan konsep pembelajaran Blended Learning yang menggabungkan metode pembelajaran inovatif dengan teknologi terbaru. Dengan fokus terhadap dua hal itu, maka Cambridge Judge Business School mampu menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan dinamis dengan tantangan berupa bisnis modern. Ada juga program untuk memberdayakan perempuan dalam industri bisnis.

5.      MIT Sloan School of Management

Jurusan MBA Terbaik di Dunia

MIT Sloan School of Management juga termasuk dalam daftar universitas dengan jurusan MBA terbaik di dunia yang patut menjadi pertimbangan. Kampus tersebut menawarkan program MBA dengan durasi 2 tahun yang memiliki keistimewaan tersendiri. Bagaimana tidak, jurusan MBA yang ada di MIT Sloan lebih difokuskan kepada STEM yang memberikan landasan keterampilan usaha di bidang STEM.

Mereka yang merupakan lulusan program MBA STEM berpeluang untuk mengikuti Optional Practical Training dalam waktu 36 bulan di Amerika Serikat yang dapat menambah pengalaman diri sendiri. Para mahasiswa MBA yang ada di MIT Sloan hanya perlu memilih mata kuliah inti pada semester pertama. Sedangkan pada semester selanjutnya, para mahasiswa mempunyai kebebasan merancang jalur studi sesuai minatnya masing-masing.

6.      University of Pennsylvania

Jurusan MBA terbaik di dunia yang ada di University of Pennsylvania atau Wharton populer dengan kurikulum yang begitu komprehensif terutama di bidang keuangan. Keistimewaan lain yang ada dalam kurikulum institusi tersebut adalah keberadaan program pra perkuliahan yang harus diikuti oleh mahasiswa MBA sebelum memulai pembelajaran di tahun pertama. Banyak alumni ternama lulusan MBA University of Pennsylvania.

Di antaranya adalah Ruth Porat, Sundar Pichai, dan Peter Lynch. Menariknya lagi, Wharton menawarkan tiga program MBA interdisipliner serta 12 program MBA dengan gelar ganda. Sebanyak 98.5% mahasiswa yang merupakan lulusan dari program MBA di Wharton mendapat tawaran pekerjaan sesudah lulus. Bahkan sejumlah perusahaan ternama di seluruh dunia kerap merekrut lulusan MBA di Wharton.

7.      HEC Paris, Perancis

HEC Paris Perancis juga termasuk universitas dengan jurusan MBA terbaik di dunia untuk menjadi pertimbangan. Universitas tersebut menawarkan program MBA selama 16 bulan dengan berbagai keunggulan yang mencolok. Menariknya lagi, kurikulum MBA yang tersedia di HEC Paris terbagi menjadi dua fase, salah satunya Fundamental Phase yang berlangsung selama 8 bulan.

Di fase tersebut, mahasiswa akan mendapat keterampilan inti bisnis. Selain itu ada juga Customized Phase, yang memberikan mahasiswa rancangan program pendidikan yang sesuai dengan target serta aspirasi pribadi. Salah satu tradisi unik yang ada di HEC Paris adalah MBA Tournament, yakni suatu kompetisi olahraga yang diadakan oleh mahasiswa MBA dan diikuti oleh 15 institusi yang ada di kawasan Eropa.

8.      IE Business School, Spanyol

Jika berbicara tentang kampus dengan jurusan MBA terbaik di dunia, tentu IE Business School, Spanyol wajib masuk ke dalam daftar berikutnya. Kampus tersebut menawarkan program MBA yang berlangsung selama 11 bulan dengan berbagai fitur unik. Para mahasiswa bisa memilih antara jalur Bahasa Inggris ataupun jalur bilingual yakni Bahasa Inggris dan Spanyol, serta menyesuaikan pengalaman belajar mahasiswa.

Sebesar 45% dari program tersebut bisa dipersonalisasi dan memungkinkan setiap mahasiswa lebih fokus terhadap studi yang sesuai dengan kebutuhan individu. Lebih lanjut, IE Business School mengadopsi konsep berupa Liquid Learning, yang memakai metodologi dan teknologi pendidikan berkualitas unggulan. Program yang tersedia di sini juga memberikan pengalaman belajar komprehensif dan fokus kepada kebutuhan setiap mahasiswa.

9.      IESE Business School, Spanyol

IESE Business School merupakan universitas yang memiliki jurusan MBA terbaik di dunia dan berbasis di Spanyol. Universitas tersebut menawarkan program MBA selama 19 bulan yang programnya menonjolkan pendidikan serta keragaman pengalaman dalam belajar. Program tersebut memberikan pilihan jalur Bahasa Inggris dan Spanyol yang memberikan fleksibilitas kepada para mahasiswa untuk memilih berdasarkan preferensi mereka.

Sekitar 45% dari kurikulum program MBA yang tersedia di IESE bisa dipersonalisasi oleh mahasiswa. Hal tersebut memungkinkan semua mahasiswa menyesuaikan pengalaman belajar mereka dengan tujuan karir dan minat masing-masing. IESE Business School mempunyai pendekatan pedagogi inovatif yang menekankan terhadap pembelajaran praktis serta studi kasus langsung yang berasal dari dunia bisnis.

10.  London Business School

Universitas yang mempunyai jurusan MBA terbaik di dunia berikutnya adalah london Business School. Kampus tersebut berada di London yang sering menjadi tujuan perguruan tinggi para peserta didik. London Business School sudah berdiri cukup lama tepatnya sejak tahun 1964 silam. Kampus tersebut juga termasuk salah satu sekolah bisnis yang mempunyai akreditasi triple crown yaitu AMBA, EQUIS, dan AACSB.

Bukan itu saja, London Business School juga pernah menjadi salah satu sekolah bisnis terbaik di Eropa dalam waktu tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2014 sampai tahun 2016 silam. Jurusan yang ditawarkan di universitas tersebut cukup beragam diantaranya ekonomi, akuntansi, ilmu manajemen, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Universitas dengan Jurusan MBA di Indonesia Terfavorit

Itulah deretan kampus yang memiliki jurusan MBA terbaik di dunia dan bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Dengan informasi tersebut, Anda bisa memilih salah satu di antara kampus yang memiliki jurusan MBA terbaik lebih mudah.