7 Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran

Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran

7 Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran – Fakultas Kedokteran digadang-gadang sebagai salah satu fakultas yang menjadi idaman banyak orang. Sesuai dengan namanya, mereka yang lulus dari Fakultas Kedokteran besar kemungkinan menjadi seorang dokter. Namun untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran jelas bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan mengetahui mata pelajaran yang perlu dipelajari untuk masuk Fakultas Kedokteran .

Dengan begitu, Anda bisa berpeluang lebih besar menjadi salah satu mahasiswa di Fakultas Kedokteran. Hal ini menjadi peluang besar bagi Anda yang bercita-cita menjadi dokter sejak kecil. Untuk itu, Anda perlu memperdalam belajar semua mata pelajaran yang harus dikuasai agar bisa masuk dan belajar di Fakultas Kedokteran. Apa saja mata pelajaran yang dimaksud? Anda bisa simak informasinya di bawah ini.

Apa Saja Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran?  

Sebelum membahas mata pelajaran yang perlu dipelajari untuk masuk Fakultas Kedokteran, sudahkah Anda mengenal jurusan kedokteran itu sendiri? Sebagai informasi, jurusan kedokteran adalah salah satu dari banyaknya jurusan pendidikan tinggi di dunia kesehatan. Para mahasiswa yang memilih jurusan kedokteran akan belajar semua hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Pembelajaran tersebut juga mencakup bagaimana mencegah penyakit, memelihara kesehatan, dan pastinya memberikan pengobatan. Supaya bisa menguasai semua ilmu yang ada di jurusan kedokteran, maka para mahasiswa harus menguasai sekaligus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang ada di dalam tubuh manusia. Mahasiswa juga akan mengenal dan belajar tentang tulang, saraf, otot, dan indera dalam manusia.

Sementara sebelum masuk perkuliahan di bidang kedokteran, Anda perlu mempersiapkan diri dengan mata pelajaran yang menjadi tolak ukur apakah cocok masuk ke jurusan tersebut atau tidak. Sebagai informasi, mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran cukup banyak. Adapun mata pelajaran yang harus dikuasai tersebut sejatinya berkaitan erat dengan sains.

Mata pelajaran tersebut menjadi nilai tambah lantaran mempersiapkan para calon mahasiswa kedokteran dengan dasar ilmu pengetahuan yang begitu penting di dunia kedokteran. Lantas apa saja mata pelajaran yang perlu dikuasai untuk masuk dan belajar di Fakultas Kedokteran? Daftarnya bisa Anda simak di bawah ini:

1.      Mata Pelajaran Biologi

Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran

Pertama dalam mata pelajaran yang perlu dipelajari untuk masuk Fakultas Kedokteran  yaitu mata pelajaran Biologi. Sebagai informasi, mata pelajaran biologi begitu penting lantaran membahas tentang fungsi, struktur, dan interaksi dalam makhluk hidup, termasuk manusia. Selain itu, biologi juga berkaitan erat dengan ilmu kedokteran yang mencakup bermacam aspek kehidupan seperti fisiologi, anatomi, dan genetika.

2.      Mata Pelajaran Kimia

Mata pelajaran yang perlu dikuasai untuk lebih mudah masuk ke Fakultas Kedokteran adalah Kimia. Mapel Kimia membahas hal yang berkaitan dengan sifat-sifat zat dan reaksi kimia. Materi tersebut merupakan dasar pemahaman terkait obat-obatan dan bahan-bahan kimia yang pastinya digunakan dalam praktik kedokteran. Selain itu, mata pelajaran ini juga berkaitan dengan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh.

3.      Mata Pelajaran Fisika

Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran

Mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran dan harus Anda persiapkan berikutnya adalah fisika. Mapel fisika membahas terkait hukum-hukum alam yang berlaku di dalam tubuh manusia, seperti suhu tubuh, tekanan darah, serta gelombang suara. Pemahaman materi tentang fisika juga begitu penting dalam radiologi serta pemakaian alat-alat medis modern yang digunakan di rumah sakit.

4.      Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Mata pelajaran berikutnya yang perlu dipelajari untuk masuk dan belajar di Fakultas Kedokteran adalah Bahasa inggris. Sebagai informasi, Bahasa Inggris adalah bahasa internasional sekaligus menjadi bahasa pengantar di dalam penelitian medis. Tak jarang ada beberapa istilah medis yang menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, memahami Bahasa Inggris juga penting untuk berkomunikasi dengan pasien atau para profesional kesehatan yang ada di luar negeri.

5.      Matematika

Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran

Matematika rupanya juga termasuk dalam salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran . Bukan tanpa alasan, ilmu matematika bisa dipakai dalam analisa data dan pemodelan dalam sistem biologi. Bukan hanya itu, kemampuan matematika yang baik juga sangat penting untuk menghitung besaran dosis obat serta memahami semua data yang berkaitan erat dengan kesehatan.

6.      Statistik

Mata pelajaran lain yang perlu Anda kuasai jika tertarik masuk ke Fakultas Kedokteran adalah Statistik. Sekedar informasi, mata pelajaran Statistik juga penting untuk dipelajari sekaligus dikuasai lantaran berkaitan erat dengan penelitian medis. Bukan hanya itu, mata pelajaran Statistik juga berhubungan dengan semua pengolahan data yang masih berkaitan erat dengan dunia kesehatan ataupun rekam medis pasien.

7.      Mikrobiologi

Mikrobiologi juga termasuk dalam mata pelajaran yang perlu dipelajari untuk masuk Fakultas Kedokteran. Perlu Anda ketahui, Mikrobiologi adalah ilmu yang di dalamnya membahas tentang bermacam mikroorganisme yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia seperti virus, bakteri, dan parasit. Anda bisa memperdalam mata pelajaran tersebut ketika sudah masuk ke Fakultas Kedokteran.

Persiapan Masuk ke Jurusan Kedokteran

Tak hanya mempersiapkan diri dengan memperdalam mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran, ada sejumlah persiapan lain yang perlu Anda lakukan sebelum masuk ke Fakultas Kedokteran. Dengan begitu, Anda bisa berpeluang lebih tinggi belajar di jurusan kedokteran kampus idaman. Apa saja persiapan masuk yang harus Anda lakukan sebelum belajar di jurusan kedokteran? Berikut informasi selengkapnya.

1.      Mendalami Kemampuan Berpikir Sistematis

Persiapan pertama sebelum Anda masuk ke fakultas kedokteran adalah memperdalam kemampuan berpikir secara sistematis. Perlu Anda ketahui, setiap sel dan sistem yang berada dalam tubuh manusia saling berhubungan satu sama lain. Bahkan setiap sel dan sistem di dalam tubuh juga bergantung satu sama lain. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperdalam keahlian berpikir menyeluruh dan sistematis supaya Anda bisa menganalisa dengan baik.

2.      Mempunyai Kondisi Kesehatan Memadai

Selain memperdalam mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran, persiapan berikutnya berkaitan dengan kesehatan. Menjadi seorang dokter tak hanya kecerdasan yang harus diandalkan, melainkan kesehatan jiwa dan raga. Selain itu, mahasiswa fakultas kedokteran banyak dituntut tenaga, waktu, dan pikiran selama lima tahun menuntut ilmu sebelum menjadi seorang dokter resmi.

3.      Mempunyai Nilai Rapor yang Bagus

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia menerima para mahasiswa untuk masuk ke Fakultas Kedokteran lewat jalur SNMPTN. Jika Anda berencana masuk ke Fakultas Kedokteran tanpa tes, harap pastikan tren nilai sewaktu SMA sangat bagus, mulai dari semester satu sampai semester lima. Beberapa nilai yang dipertimbangkan tentu saja mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran.

4.      Aktif di Tengah Masyarakat

Tak sekedar pintar, menjadi calon dokter juga dituntut aktif terutama di tengah masyarakat. Sebab profesi dokter sangat berkaitan dengan hal sosial. Karena itulah, pengalaman Anda di lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap kualitas diri sebagai calon dokter. Sebaiknya Anda sering ikut menjadi relawan yang berkaitan dengan dunia medis atau  menjaga kebersihan dan higienis lingkungan setempat.

Mengapa Memilih Fakultas Kedokteran?

Memperdalam mata pelajaran yang perlu dipelajari untuk masuk Fakultas Kedokteran  sangat penting agar Anda bisa menjadi salah satu mahasiswa kedokteran. Terkait hal itu, mengapa banyak orang yang memilih belajar di Fakultas Kedokteran? Ternyata banyak alasan mengapa orang-orang memilih Fakultas Kedokteran, di antaranya:

1.      Belajar Tentang Banyak Ilmu

Belajar di jurusan kedokteran memberikan banyak ilmu pengetahuan, karena yang dipelajari begitu kompleks. Tak hanya berkaitan dengan kesehatan manusia, obat, serta bagaimana memberikan pelayanan kesehatan. Sebab calon dokter juga mendapat ilmu tentang virus, bakteri, psikologis, manajemen, keselamatan kerja,serta ilmu sabar.  Semua ilmu tersebut adalah bekal untuk menjadi seorang dokter yang teladan.

2.      Disegani Masyarakat

Seorang dokter yang merupakan profesi bagi mahasiswa kedokteran sesudah lulus mempunyai nama yang bagus di tengah masyarakat. Pasalnya dokter dianggap sebagai penolong dari sakit panjang, sekaligus dikenal sebagai profesi prestisius dengan gaji besar. Hal itulah seharusnya menjadi pemacu Anda untuk memperdalam mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran dan menjadi seorang dokter.

3.      Potensi Sukses Relatif Tinggi

Alasan selanjutnya mengapa jurusan kedokteran menjadi favorit adalah mempunyai potensi sukses yang relatif lebih tinggi. Bukan tanpa alasan, setelah lulus dari fakultas kedokteran, Anda bisa mendapat gaji tinggi serta kecil kemungkinan tidak memiliki pekerjaan alias menganggur. Bukan tanpa alasan, kebutuhan profesi dokter di tengah masyarakat begitu tinggi dan banyak dicari.

4.      Memahami Dunia Kesehatan

Menjadi seorang dokter dari jurusan kedokteran juga membuat Anda lebih memahami tentang dunia kesehatan. Bukan tanpa alasan, pasalnya Anda bisa lebih tahu bagaimana cara menjaga kesehatan serta bagaimana mengatasi badan yang tengah terserang penyakit. Anda bisa mengawalinya dengan memperdalam mata pelajaran yang perlu dipelajari untuk masuk Fakultas Kedokteran sehingga berpeluang besar masuk jurusan kedokteran.

5.      Sangat Menghargai Waktu

Bagi mahasiswa kedokteran, ada istilah populer yakni time is life. Pasalnya setiap waktu yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan tersebut sangat berhubungan dengan nyawa manusia dan membuat setiap detiknya begitu berharga. Kuliah di jurusan kedokteran akan membantu Anda sangat menghargai waktu. Tak hanya disiplin, Anda juga pintar memanfaatkan waktu dalam melakukan berbagai aktivitas bermanfaat.

Baca Juga: Inilah Garis Besar Materi MTK Minat Kelas 12 yang Wajib Dipahami

Itulah pembahasan seputar mata pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk Fakultas Kedokteran dan mengapa sangat penting mempelajari hal tersebut. Sebaiknya Anda persiapkan diri sejak dini agar berpeluang besar menjadi seorang dokter.