Inilah 5 Penyebab Fresh Graduate Banyak Menganggur Lama

Penyebab Fresh Graduate Banyak Menganggur

Inilah Penyebab Fresh Graduate Banyak Menganggur Lama – Pada saat sudah selesai menjalani masa kuliah kira-kira kurang lebih selama 4 tahun, maka kamu akan mendapat gelar sebagai fresh graduate. Sebagai orang yang baru lulus kuliah, maka biasanya para lulusan akana segera mencari pekerjaan.

Tentunya dengan semangat dan penuh keyakinan, para lulusan akan beramai-ramai melamar pekerjaan di berbagai perusahaan yang dipilih. Lalu apa yang menjadi penyebab fresh graduate banyak menganggur lama?

5 Penyebab Fresh Graduate Banyak Menganggur

Penyebab Fresh Graduate Banyak Menganggur

Kerap sekali, hasilnya tidak semulus seperti yang diharapkan. Meskipun sebenarnya sudah melempar lamaran kesana kemari, namun pekerjaan juga tidak kunjung diperoleh.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menganggur dalam waktu yang cukup lama. Lalu apa yang menjadi penyebab fresh graduate banyak menganggur lama?

1. Tidak Jeli Melihat Kualifikasi Lowongan

Setiap perusahaan tentu saja mempunyai kriteria dan kualifikasi tersendiri bagi pelamar dalam setiap lowongan yang tersedia. Namun, ada banyak yang mengabaikan hal ini dan tetap mendaftar dengan sembarangan. Akibatnya, kandidat pun tidak memenuhi kualifikasi sudah dan hanya mempunyai kesempatan kecil untuk bisa lolos seleksi.

2. Sedikit pengalaman

Pengalaman yang terlalu minim khususnya pengalaman organisasi atau kegiatan lain sering sekali menjadi banyak yang menganggur. Hal itu bisa saja diakibatkan, bukan hanya akademis saja yang diperlukan saat terjun di dunia kerja. Namun, kamu perlu yang namanya wawasan serta mempunyai soft skill untuk mendukung performa kerjamu nantinya.

3. Tidak Ada Skill

Penyebab fresh graduate banyak menganggur selanjutnya adalah karena tidak mempunyai skill sehingga tidak banyak perusahaan yang akan meliriknya. Hal ini sebenranya wajar apabila belum mempunyai skill yang mumpuni, khususnya mereka yang belum pernah masuk ke dunia kerja secara langsung.

Akan tetapi untuk mengatasi ini, maka saat masih kuliah, kamu bisa mencoba magang di suatu perusahaan dengan posisi yang akan kamu lamar saat lulus nanti.

Misalnya, jika ingin bekerja menjadi seorang desain grafis, maka kamu harus mencoba mencari kantor atau perusahaan yang memang sedang butuh seorang pemagang dengan posisi desain grafis.

Dengan begitu, ketika sudah dah lulus kuliah dan akan melamar suatu pekerjaan, kamu ini akan jauh lebih dipertimbangkan untuk bekerja daripada yang tidak sma sekali tidak mempunyai skill apapun.

4. Tidak Percaya Diri

Sebagian fresh graduate sering sekali tidak percaya diri ketika akan melewati sesi wawancara kerja untuk pertama kalinya. Mereka kerap malu untuk menmapilkan kelebihannya kepada pewawancara.

Padahal, inilah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara meyakinkan pewawancara mengenai skill yang dimiliki memang cocok dengan lowongan yang tersedia.

5. Suka Pilih-Pilih

Saat akan memasuki dunia kerja, maka biasanya semua orang pasti mempunyai ekspektasi tersendiri tidak terkecuali para fresh graduate. Nyatanya harapan yang berlebihan inilah yang nantinya akan membuat lulusan baru jadi suka pilih-pilih.

Walaupun sudah mendapatkan tawaran pekerjaan yang sesuai dan cocok, akan tetapi kerap sekali offering yang diberikan perusahaan kurang sesuai denga napa yang diharapkan, sehingga mereka biasanya akan menolaknya.

Mereka justru lebih memilih mencari pekerjaan lain yang dirasa sesuai juga sebanding dengan kemampuan yang dimiliki. Inilah yang akhirnya membuat mereka lebih sulit memperoleh pekerjaan serta menambah masa menganggur lagi.

Tentunya masih banyak yang harus diperhatikan oleh fresh graduate agar tidak menganggur lama nantinya. Penyebab fresh graduate banyak menganggur seperti yang sudah disebutkan di atas harus segera di hindari untuk pekerjaan yang lebih baik.