Inilah 2 Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang Sebenarnya

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Inilah Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang Sebenarnya РSeperti yang sudah dijelaskan, bahwa SNMPTN yang merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan SBMPTN dikatakan sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri memiliki perbedaan mendasar yang sangat terlihat perbedaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut antara lain adalah:

2 Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Berdasarkan cara masuk dan mendaftarnya saja sudah sangat terlihat perbedaan SNMPTN dan SBMPTN . Yaitu, SNMPTN merupakan jalur undangan yang tidak membutuhkan tes tertulis untuk memasuki PTN yang sesuai. Dengan mengikuti beberapa persyaratan dan kondisi yang sudah ditentukan pastinya, dan akan dijelaskan berikutnya.

Sedangkan SBMPTN merupakan jalur masuk PTN dengan cara melalui tes tertulis, dan hasil dari tes tersebut yang menentukan masuk atau tidaknya penyeleksian tersebut.

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN
credit:ltmpt

Perbedaan Syarat Masuk

Salah satu perbedaan SNMPTN dan SBMPTN adalah berkaitan dengan persyaratan masuknya. Seperti yang diketahui bahwa SNMPTN memiliki syarat khusus untuk bisa masuk PTN tanpa melalui jalur tertulis. Karena, syarat tersebut yang menjadi system penyeleksiannya. Syarat-syarat tersebut diantaranya adalah

  • Persyaratan Sekolah

Artinya seseorang yang bisa mendaftar di PTN melalui jalur ini harus melihat dari persyaratan sekolah, yaitu sekolah yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan juga mengisi pamgkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

  • Persyaratan Siswa yang Mendaftar

Persyaratan berikutnya dilihat dari siswa yang mendaftarnya sendiri, diantaranya adalah seperti siswa yang berprestasi dan memiliki NISN di PDSS. Tidak ketinggalan untuk nilai rapor pun ada syaratnya, yaitu memiliki nilai rapor hanya dari semester 1 sampai semester 5. Sedangkan untuk SMK disyaratkan rapor dari semester 1 hingga 7 untuk yang masa belajar 4 tahun.

Juga didukung dengan adanya prestasi akademik, serta kondisi yang memenuhi persyaratan menurut pihak PTN tersebut.

  • Penerimaan di PTN

Untuk persyaratan dari penerimaan di PTN sendiri adalah lulus pendidikan setara SMA, memiliki akun LTMPT, dan lulus SNMPTN pastinya. Diikuti dengan lolos verifikasi data persyaratan tersebut.

Sedangkan, untu syarat masuk SBMPTN yang memang melalui jalur tes tertulis pun juga memiliki persyaratan kelengkapan untuk bisa megikuti ujiannya tersebut.diantaranya adalah :

  • Lulus SMA dan setingkatmya

Mengikuti SBMPTN sudah tentu harus lulus dari SMA atau setingkatnya terlebih dulu, karena memang harus mengikuti jenjang dan jalur pendidikan yang ada.

  • Memiliki Surat Keterangan lulus pendidikan

Untuk membuktikan bahwa Anda sudah lulus, sudah bisa dipastikan harus memiliki surat kelulusan untuk membuktikan. Hal tersebut sudah merupakan suatu keharusan yang tidak terbantahkan.

  • Memiliki Ijazah

Bukan hanya surat kelulusan, juga harus terdapat ijazah yang lebih mendetail untuk membuktikan kelulusan Anda tersebut.

  • Memiliki Kesehatan Memadai Untuk Mengikuti Ujian

Anda harus layak dan sehat secara jasmani, untuk mengikuti berbagai tahap penyeleksian itu. Agar tidak memberatkan yang lain saat diadakannya tes tertulis.

  • Memiliki Nilai UTBK

Anda juga diharuskan memiliki nilai UTBK yang artinya ujian tulis berbasis computer sebagai penunjang dari persyaratan tadi.

  • Memiliki Akun LTMPT

Setelah semua persyaratan teknis terpenuhi, hal terakhir yang juga wajib dimiliki adalah akun LTMPT. Yaitu, merupakan akun untuk melakukan pendaftaran saat ujian ataupun melihat hasil pengumuman ujiannya secara langsung.

Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi dan diikuti untuk bisa mengikuti SBMPTN dengan mudah. Setelah itu, barulah melihat hasilnya seperti apa untuk bisa lanjut atau tidaknya.

Perbedaan Biaya Kuliah

Pada dasarnya ini bukan merupakan sebuah perbedaan yang bisa dimasukkan dalam daftar perbedaan tadi. Tapi mengenai biaya kuliah juga terdapat hanya sedikit perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang tidak terlalu kentara antara keduanya. Dimana persamaannya adalah keduanya memiliki jenis biaya yang sama, yaitu biaya UKT dan BOP.

UKT merupakan uang kuliah tunggal, sedangkan BOP adalah biaya operasional pendidikan. Namun, keduanya tidak membebankan biaya yang lainnya lagi.