Informasi PT yang Menerima PKL Mahasiswa

Informasi PT yang Menerima PKL Mahasiswa

Informasi tentang PT yang menerima PKL mahasiswa mungkin dibutuhkan oleh anda terutama yang memang akan melakukannya. Namun sebelum membahas mengenai apa saja perusahaan yang menerima PKL ini, ada baiknya memahami seluk beluk mengenai PKL itu sendiri.

PKL atau magang menjadi sebuah tahap di antara masa kerja dan juga masa pendidikan. Melakukan magang sangat penting sekali karena banyak sekali manfaatnya. Seorang mahasiswa yang magang terlebih dahulu, akan memiliki keterampilan yang lebih baik dibandingkan yang tanpa melalui proses PKL atau magang ini.

Mengenal Apa Itu Pengertian Magang dan PT yang Menerima PKL Mahasiswa

PKL merupakan proses dalam menerapkan ilmu maupun kompetensi yang diperoleh selama menjalani masa pendidikan kuliah, untuk dipraktekkan di dunia kerja. Mereka yang melakukan PKL dapat Lebih memahami Bagaimana sistem kerja yang profesional di perusahaan sebenarnya.

Pengertian PKL atau magang menurut undang-undang adalah merupakan bagian dari latihan kerja yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan. Tujuannya sendiri adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar bisa masuk ke dunia kerja serta memberikan pelatihan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri.

Manfaat PKL Untuk Mahasiswa

Informasi PT yang Menerima PKL Mahasiswa

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari seorang mahasiswa yang melakukan tkl, yaitu sebagai berikut:

  • Program Pkl Akan Membuka Wawasan

Sebagai mahasiswa pemain tentu masih awam mengenai dunia kerja dan belum tahu PT yang menerima PKL mahasiswa. Terkecuali, jika anda merupakan karyawan yang sedang kuliah dan itu beda ceritanya. Program PKL menjadi gerbang awal yang bisa dimasuki dalam memahami Bagaimana struktur dunia pekerjaan. Saat melewati masa PKL ini, kedepannya diharapkan tidak akan kaget saat lulus dan harus bekerja di dunia.

  • Semakin Memperluas Relasi

Relasi menjadi hal yang sangat penting di dunia kerja. Dengan mengikuti program PKL Anda dapat bertemu orang-orang yang baru dan punya pengalaman banyak di industri kerja. Jaringan baru akan sangat bermanfaat saat Anda masuk kerja. Bisa saja di kemudian hari, tanda memperoleh informasi tentang pekerjaan dari relasi tersebut.

  • Semakin Mengembangkan Keterampilan

Ketika anda ikut PKL, tentu akan diberikan tugas yang membutuhkan keterampilan secara praktis. Anda dapat belajar banyak dari tugas yang diberikan untuk semakin mengembangkan kemampuan baru. Atau, bisa juga semakin meningkatkan skill agar lebih cakap.

  • Memberikan Anda Nilai lebih

Persaingan yang ketat di dunia kerja, akan mengharuskan Anda untuk mempunyai nilai plus supaya lebih dipertimbangkan di perusahaan. Pengalaman menjalani PKL dapat anda cantumkan di CV. Dengan mencantumkan di mana saja pengalaman PKL bisa membuat anda punya nilai lebih daripada pelamar lain. Sebagai fresh graduate, nama anda akan lebih dipertimbangkan saat ada catatan PKL.

Daftar Perusahaan PT Yang Menerima Magang Mahasiswa

Di Indonesia sendiri, ada sejumlah perusahaan yang biasanya menerima magang para mahasiswa.

  • Perusahaan Telekomunikasi

Biasanya, perusahaan telekomunikasi yang menerima magang para mahasiswa PKL. Mereka ditempatkan untuk mengisi staff call center kedepannya. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjadi bagian pelayanan ini agar nantinya kedepan bisa melamar dan jika diterima, bisa berkontribusi maksimal untuk perusahaan.

  • Perusahaan Manufaktur

Berikutnya, PT yang menerima PKL Mahasiswa juga umumnya ada di perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur kerap kali membuka lowongan bagi para mahasiswa untuk mencoba bekerja di sana sebagai staff magang atau PKL. Bukan tidak mungkin cuma jika kinerja nya bagus nantinya akan ditawari oleh perusahaan sebagai karyawan di sana.

  • Rumah Sakit

Selanjutnya, rumah sakit juga kerap kali banyak memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk PKL. Ini diberikan terutama untuk mahasiswa kesehatan mulai dari keperawatan, kebidanan, kedokteran, dan lain-lain. Kesempatan berharga untuk melakukan PKL di rumah sakit tidak boleh disia-siakan karena memang cukup langka untuk bisa dijalani.

  • Perusahaan Finance

Perusahaan finance atau pembiayaan, sering juga menjadi tempat PKL untuk mahasiswa. Biasanya, banyak posisi yang ditawarkan mulai dari sebagai tenaga administrasi sampai staff marketing. Saat lulus, menjadi kesempatan yang bagus seandainya ditawari oleh perusahaan melanjutkan bekerja di sana.

  • Kantor Pemerintahan

Kantor pemerintah daerah juga banyak memberikan kesempatan untuk para mahasiswa akhir untuk PKL.  Pemerintah daerah misalnya di dinas kesehatan maupun sosial, bisa menjadi salah satu tempat magang atau PKL mahasiswa. Berbagai program pemerintah butuh tenaga muda yang energik yang membantu untuk menyukseskan program sambil menjadi sarana pembelajaran untuk mereka.

Demikianlah informasi PT yang menerima PKL mahasiswa, semoga informasi ini akan bermanfaat untuk anda.