Inilah 14 Syarat Kerja di Jepang untuk Wanita 2023

Syarat Kerja di Jepang untuk Wanita

Inilah 14 Syarat Kerja di Jepang untuk Wanita 2023 – Kerja di Jepang memang sangat menyenangkan, begitu juga dengan pernyataan para alumni magang di negara tersebut. Selain gaji yang besar, akan tetapi bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman lebih banyak.

Tidak hanya program magang di Jepang saja, akan tetapi pemerintah juga sudah meresmikan program terbaru yaitu untuk menyerap tenaga kerja asing agar lebih profesional lagi. Beberapa program terbaru dari pemerintah adalah Tokutei Ginou dan Specified Skilled Worker.

Sudah umum di kalangan masyarakat, bahwa ketika akan melakukan aktivitas kerja harus mempersiapkan beberapa syarat kerja di jepang untuk wanita terlebih dahulu. Bahkan, untuk syarat kerja di jepang ini tergolong sangat amat sulit.

Pernyataan seperti apa sih syarat kerja di jepang untuk wanita yang diungkapkan oleh beberapa kalangan masyarakat. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai jawaban dari lontaran pertanyaan syarat kerja di jepang, maka bisa simak dibawah ini.

Syarat Kerja di Jepang untuk Wanita

Syarat Kerja di Jepang untuk Wanita

Jepang merupakan salah satu negara maju yang mempunyai hubungan ekonomi dengan Indonesia. Selain itu, hubungan ekonomi ini bisa berjalan di dalam bentuk penyediaan lapangan kerja oleh Jepang.

Maka dari itu, banyak dari angkatan kerja di Indonesia yang mempunyai mata pencaharian di jepang. Apabila tertarik, maka sebagai berikut syarat kerja di jepang untuk wanita di program magang :

1. Syarat kerja di jepang untuk wanita pertama yaitu jenjang pendidikan. Artinya, syarat kerja di jepang kali ini lulusan strata I dan diploma III akan lebih diutamakan dibandingkan dibawahnya. Selain itu, syarat kerja di jepang untuk wanita ini berlaku di Tokutei Ginou.

2. Untuk syarat kerja di jepang untuk wanita selanjutnya adalah tidak mempunyai cacat tubuh. Di dalam syarat kerja di jepang, Anda harus memastikan tidak mempunyai cacat dari bawan lahir maupun diakibatkan dari sebuah kejadian.

3. Di dalam syarat kerja di jepang untuk wanita kali ini harus diperhatikan, yaitu tidak boleh mempunyai masalah kesehatan yang menular. Sedangkan, untuk Anda yang tidak memenuhi syarat kerja di jepang harus melakukan tindakan penyembuhan dan disertai surat dokter.

4. Mempunyai badan sehat dan bergerak lancar adalah syarat kerja di jepang berikutnya. Untuk syarat kerja di jepang untuk wanita harus mempunyai minimal tinggi 248 cm.  Sedangkan, berat badan di syarat kerja di jepang untuk wanita adalah 40-50 kg.

5. Kebersihan juga menjadi salah satu syarat kerja di jepang untuk wanita. Artinya, dipastikan Anda tidak mempunyai penyakit kulit maupun bekas tato di tubuh luar maupun dalam.

6. Syarat kerja di jepang untuk wanita berikutnya, yaitu mempunyai umur 18-30 tahun. Selain itu, syarat kerja di jepang ini harus diperhatikan.

Sebagai syarat kerja di jepang untuk wanita di bagian administratif, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut :

1. Syarat kerja di jepang untuk wanita pertama adalah harus mempunyai identitas pribadi, seperti Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.

2. Syarat kerja di jepang kedua, yaitu mengisi formulir selama proses berlangsung.

3. Syarat kerja di jepang untuk wanita ketiga adalah pernyataan sehat dari tenaga medis.

4. Syarat kerja di jepang untuk wanita keempat harus mempunyai surat SKCK dari lembaga kepolisian Republik Indonesia.

5. Syarat kerja di jepang untuk wanita kelima yang tidak kalah penting adalah pernyataan persetujuan atau izin magang oleh orang tua.

6. Syarat kerja di jepang untuk wanita keenam, yaitu mempunyai ijazah beserta dengan transkrip nilai pelajaran.

7. Syarat kerja di jepang untuk wanita selanjutnya, yaitu harus mempunyai sertifikat keterampilan.

8. Untuk syarat kerja di jepang terakhir, yaitu surat lamaran pekerjaan dengan melampirkan foto diri dan kartu pencari kerja.

Pastikan semua syarat kerja di jepang untuk wanita sudah komplit. Apabila syarat kerja di jepang sudah komplit, maka proses rekruitmen bisa berlangsung dengan lancar.

Baca Juga: 20 Kerja Online Menghasilkan Uang dengan Cepat Tanpa Ribet

Cara Kerja di Jepang Melalui Program Pemerintah

Setelah semua syarat kerja di jepang untuk wanita dipenuhi, maka tiba saatnya untuk mencari tahu cara mencari kerja di Negara tersebut. Ada beberapa program yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Program magang dan program G to G ini dua program kerja sama Indonesia – Jepang yang memberikan kemungkinan bagi Indonesia untuk bisa bekerja di negara tersebut. Ketika tertarik, maka bisa memilih salah satu program tersebut. Sebagai berikut penjelasan lengkap mengenai cara kerja di Jepang melalui program pemerintah :

1. Program Magang Jepang Melalui Disnaker Indonesia

Program ini diperuntukkan oleh warga Indonesia yang ingin bekerja di Jepang sebagai tenaga magang di dalam jangka waktu tertentu. Untuk bisa berpartisipasi di dalam program ini, maka Anda harus terlebih dahulu menghubungi Dinas Tenaga Kerja Provinsi .

Jika mendaftar di dalam program ini, maka Anda akan bisa bekerja sebagai tenaga magang di Jepang selama 5 tahun. Meski peserta di dalam program ini hanya magang, akan tetapi calon pekerja juga harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu.

2. Program G to G

Selain program magang, untuk pihak Pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan Pemerintah Jepang melalui G to G. Di dalam program ini, maka pekerja di Jepang ini harus benar-benar terampil dan terdidik.

Berbeda dengan program magang yang sudah diawasi oleh Disnaker. Artinya, masing-masing provinsi dan program G to G ini sudah diawasi oleh BNP2TKI. Perawat dan pekerja perawatan merupakan salah satu bidang prioritas utama dari program tersebut.

Cara Kerja Jepang Melalui Program Perusahaan Swasta

Syarat Kerja di Jepang untuk Wanita

Selain ikut di dalam program yang disponsori pemerintah, Anda juga bisa bekerja di Jepang dengan sektor swasta. Sebagai berikut beberapa program bekerja di jepang dari perusahaan swasta :

1. Program Transfer

Ketika sudah bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia, Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Selain itu, perusahaan yang biasanya memberikan penawaran ini akan berpindah dari lokasi satu ke lainnya.

2. Agen Penyalur Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang

Anda juga diberikan kesempatan untuk bisa bekerja di Jepang menggunakan agen penyalur. Di dalam program semacam ini PJTKI akan bertindak sebagai penghubung antara pencari kerja Indonesia dengan pengusaha Jepang yang membutuhkan.

Di dalam syarat untuk mengikuti kedua program tersebut juga tidak kalah sulit dari Pemerintah. Maka dari itu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada pihak agen agar dibantu di dalam memenuhi syarat bekerja di Jepang.

Sebaliknya, ketika ada beberapa syarat kerja di jepang untuk wanita belum terpenuhi dan masih bingung. Tidaka ada salahnya, untuk bertanya kepada pihak yang sudah paham betul mengenai syarat kerja di jepang.

Demikian syarat kerja di jepang untuk wanita secara umum dan spesifik. Besar harapan bisa membantu Anda yang masih awam dengan perihal syarat kerja di jepang untuk wanita.