10 Daftar Universitas yang Ada Jurusan Fotografi di Indonesia

Universitas yang Ada Jurusan Fotografi

10 Daftar Universitas yang Ada Jurusan Fotografi di Indonesia – Mengenyam pendidikan di bangku universitas tentu menjadi dambaan bagi sebagian besar siswa di Indonesia. Apalagi saat ini tersedia banyak jurusan yang menarik untuk dipelajari oleh siswa dan siswi. Salah satunya adalah jurusan fotografi yang sudah cukup lama menjadi idaman banyak peserta didik. Jika Anda tertarik dengan jurusan tersebut, wajib mengetahui apa saja universitas yang ada jurusan fotografi di Indonesia.

Fotografi sudah menjadi bidang seni sekaligus profesi yang berkembang cukup pesat di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bukan tanpa alasan, banyak individu menaruh minat dan mempunyai bakat dalam dunia fotografi yang mengejar pendidikan secara formal di universitas demi mengasah keterampilan sekaligus pengetahuan dalam bidang tersebut. Apabila Anda adalah salah satunya wajib simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Universitas yang Ada Jurusan Fotografi di Indonesia?

Universitas yang Ada Jurusan Fotografi

Sebelum memahami apa saja universitas yang ada jurusan fotografi di Indonesia, apakah Anda sudah mengenal lebih jauh tentang pendidikan satu ini? Sekedar informasi, jurusan fotografi dalam universitas terdiri dari sejumlah pembagian keahlian. Ini mulai dari fotografi komersial yang fokus kepada pengaplikasian inovasi dan kreativitas. Selain itu ada juga fotografi ekspresi yang menekankan aspek seni, pribadi, sampai profesional.

Tak hanya itu, ada pula fotografi jurnalistik yang fokus kepada bidang jurnalistik yang dikerjakan oleh profesi fotografer jurnalistik. Nantinya kuliah fotografi memberikan siswa kerangka belajar terstruktur mulai mempelajari form, komposisi, warna, sampai mengenal shutter speed, setting aperture, fokus, dan bermacam hal yang berkaitan dengan operasional fotografi lainnya.

Untuk itulah, Anda perlu menemukan kampus terbaik dengan jurusan fotografi demi memperdalam pengetahuan di bidang tersebut. Sebagai referensi, di bawah ini ada beberapa universitas yang memiliki jurusan fotografi terbaik di Indonesia dan siap mengajarkan semua siswanya.

1.      Institut Seni Indonesia Surakarta – ISI Surakarta

Pertama dalam daftar universitas yang ada jurusan fotografi di Indonesia adalah ISI Surakarta. Kampus tersebut mempunyai prodi fotografi yang menawarkan pendidikan dalam seni fotografi bagi peserta didik yang hendak mengejar karir di dunia fotografi dan seni. Adapun program studi Fotografi yang ada di ISI Surakarta sudah dirancang khusus untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan teknis fotografi, serta wawasan di dunia seni.

Nantinya mahasiswa belajar tentang teori dan praktik fotografi. Pembelajarannya termasuk teknik fotografi, seni kontemporer, pengolahan gambar digital, dan fotografi editorial sekaligus dokumenter. Bukan itu saja, program studi tersebut juga menekankan kepada pemahaman ide, konsep, dan kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi melalui visual. Oleh sebab itu, ISI menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang berada di Surakarta dan sekitarnya.

Universitas yang Ada Jurusan Fotografi

2.      UMN Tangerang – Universitas Multimedia Nusantara

Rekomendasi universitas yang ada jurusan fotografi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah UMN Tangerang atau Universitas Multimedia Nusantara Tangerang. Kampus satu ini termasuk salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki banyak peminat. Program studi fotografi yang ada di UMN Tangerang lebih menitik beratkan kepada pengembangan keterampilan di dunia fotografi, dokumenter, dan komersial.

Kurikulum fotografi yang ada di Universitas Multimedia Tangerang melibatkan beberapa mata kuliah di antaranya fotografi produk, fotografi dasar, fotografi jurnalistik, teknik pemotretan, dan pengelolaan di dunia bisnis fotografi. Hebatnya universitas satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas fotografi yang cukup modern seperti ruang pameran, studio fotografi, serta lab komputer untuk semua mahasiswa.

3.      Institut Kesenian Jakarta – IKJ

Institut Kesenian Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan IKJ menjadi kampus dengan program studi fotografi terbaik dan dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang tertarik belajar seni fotografi. Prodi fotografi yang ada di Institut Kesenian Jakarta berguna untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan teknis di dunia fotografi, kreativitas untuk menciptakan konsep dan ide, serta kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi secara visual.

Banyak mata kuliah yang besar kemungkinan dipelajari oleh mahasiswa di prodi fotografi di Institut Kesenian Jakarta. Mata kuliah tersebut di antaranya fotografi eksperimental, teknik fotografi, fotografi editorial, fotografi dokumenter, serta fotografi produk. Tak hanya itu, mahasiswa juga nantinya belajar tentang teori seni fotografi, proses produksi fotografi, sampai sejarah tentang fotografi secara mendalam.

4.      UPH Tangerang – Universitas Pelita Harapan

Universitas yang Ada Jurusan Fotografi

Berbicara tentang universitas yang ada jurusan fotografi di Indonesia, maka Universitas Pelita Harapan Tangerang wajib menjadi list selanjutnya. UPH Tangerang sendiri menjadi kampus yang menawarkan jurusan fotografi dan cukup terkenal di Indonesia. Prodi fotografi di Universitas Pelita Harapan Tangerang fokus kepada pengembangan dalam keterampilan fotografi komersial, dokumenter, serta periklanan.

Adapun kurikulum fotografi yang ada di UPH Tangerang mencakup mata kuliah dasar di bidang fotografi, fotografi komersial, teknik pemotretan, pemahaman tentang kreativitas dan estetika, serta pengolahan digital. Siswa diharapkan bisa menyerap ilmu di bidang fotografi dengan baik selama kuliah di UPH Tangerang. Apalagi kampus ini sudah dilengkapi dengan fasilitas fotografi modern seperti lab digital, galeri seni, dan studio fotografi.

5.      Sekolah Tinggi Desain Interstudi

STDI atau Sekolah Tinggi Desain Interstudi Jakarta menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan program studi di bidang desain dan seni, termasuk prodi Fotografi. Program studi fotografi yang ada di STDI Jakarta hadir untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan konseptual dan teknis fotografi yang kuat, dan memahami pentingnya seni serta estetika dalam pembuatan karya fotografi yang lebih bermakna.

Mahasiswa yang ada di prodi fotografi STDI Jakarta nantinya belajar dari dosen yang ahli di dunia fotografi. Tak hanya itu, mahasiswa juga akan mendapat pengalaman praktis lewat magang, workshop, dan proyek di bidang fotografi yang menantang. Program studi satu ini turut menawarkan bermacam fasilitas fotografi yang lengkap yaitu laboratorium digital, studio fotografi, dan berbagai peralatan fotografi terbaru.

6.      Institut Seni Indonesia Yogyakarta – ISI Yogyakarta

Nama universitas yang ada jurusan fotografi berikutnya adalah ISI Yogyakarta atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Ini merupakan universitas seni ternama di Indonesia yang menawarkan jurusan di bidang fotografi. Program studi fotografi yang ada di ISI Yogyakarta menggabungkan pendekatan di bidang teknis dan seni dalam hal pengembangan keterampilan di dunia fotografi.

Kurikulum fotografi yang diajarkan di ISI Yogyakarta mencakup mata kuliah dasar pengolahan digital, fotografi, teori fotografi, teknik pemotretan, dan pemahaman terkait seni visual dan budaya. Menariknya lagi, universitas tersebut juga dilengkapi dengan bermacam fasilitas fotografi cukup lengkap yakni lab digital, galeri seni, dan studio fotografi. Oleh sebab itu, ISI Yogyakarta menjadi pilihan tepat untuk tujuan pendidikan Anda berikutnya.

7.      Universitas Katolik Parahyangan – UNPAR

UNPAR atau Universitas Katolik Parahyangan menjadi salah satu PTS yang berada di Bandung, Indonesia. UNPAR menghadirkan program studi di bermacam bidang, salah satunya program studi fotografi yang bernaung di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain. Prodi fotografi yang ada di Universitas Katolik Parahyangan dirancang secara khusus untuk mahasiswa yang memiliki keterampilan teknis dan kreativitas dalam fotografi.

Selain itu, prodi satu ini juga dihadirkan agar mahasiswa mampu memahami nilai estetika dan budaya di dalam karya fotografi. Bukan itu saja, program studi fotografi di UNPAR memberikan pemahaman yang kuat terkait sejarah serta perkembangan fotografi. Oleh sebab itulah, Anda bisa menjadikan Universitas Katolik Parahyangan menjadi rekomendasi tepat untuk memperdalam ilmu di bidang fotografi.

8.      Universitas Kristen Petra – UK Petra

Pilihan universitas yang ada jurusan fotografi berikutnya adalah UK Petra atau Universitas Kristen Petra. Sebagai informasi, UK Petra merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di Surabaya, Jawa Timur Indonesia. Universitas Kristen Petra menawarkan bermacam program studi, salah satunya prodi Fotografi yang bernaung di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan tujuan tersendiri.

Prodi Fotografi UK Petra mengajarkan mahasiswa dengan berbagai keterampilan seperti kreativitas seni fotografi, teknis, dan pemahaman di bidang nilai estetika serta budaya dalam fotografi. Program studi fotografi di Universitas Kristen Petra juga memberikan pemahaman mendalam terkait sejarah dan perkembangan di dunia fotografi sebagai seni yang akan dipahami oleh mahasiswa dengan mudah.

9.      Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menyajikan program studi fotografi yang dengan khusus untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kreativitas dan keterampilan seni dalam dunia fotografi. Bukan itu saja, Universitas Trisakti juga memberikan pemahaman yang kuat terkait nilai estetika dan budaya terutama dalam karya seni fotografi. Bukan itu saja, program studi fotografi juga memberikan pemahaman mendalam tentang sejarah fotografi.

Universitas Trisakti juga mengajarkan kepada mahasiswa untuk memahami perkembangan fotografi sebagai seni. Dalam prodi fotografi yang ada di Universitas Trisakti, nantinya mahasiswa mempelajari tentang fotografi seni, teknik fotografi, fotografi editorial, fotografi dokumenter, serta pengolahan digital. Bukan itu saja, mahasiswa juga dilatih untuk mengembangkan visi artistik dan kreativitas melalui proyek yang menantang.

10.  UNJ – Universitas Negeri Jakarta

Daftar universitas yang ada jurusan fotografi terbaik di Indonesia berikutnya adalah UNJ atau Universitas Negeri Jakarta. Sebagai informasi, program studi fotografi yang ada di Universitas Negeri Jakarta bertujuan untuk mempersiapkan semua mahasiswa dengan keterampilan teknik sekaligus kreativitas dalam seni fotografi dan pemahaman kuat tentang nilai estetika serta budaya dalam karya di bidang fotografi.

Prodi tersebut memberikan pemahaman mendalam terkait sejarah serta perkembangan di  bidang fotografi sebagai bagian dari seni. Mahasiswa yang belajar prodi fotografi di UNJ akan dilatih mengembangkan kreativitas serta visi artistik lewat proyek fotografi menantang.

Baca Juga: Inilah Biaya Kuliah di National University of Singapore Tahun 2024

Itulah pembahasan seputar nama-nama universitas yang ada jurusan fotografi sebagai referensi untuk Anda. Dengan informasi tersebut, Anda bisa memilih salah satu universitas jurusan fotografi terbaik di Indonesia.