Bagaimana Memaksimalkan Peran Gadget Saat Pandemi ?

Memaksimalkan Peran Gadget Saat Pandemi

Bagaimana Memaksimalkan Peran Gadget Saat Pandemi .Kemajuan teknologi memberikan banyak pilihan, keleluasaan serta berbagai kemudahan untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk juga dibidang pendidikan.

Sekarang gadget bisa dibilang adalah kebutuhan pokok semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan lansia. Bukan sebuah kebohongan bahwa gadget adalah kebutuhan yang penting bagi para pelajar atau mahasiswa.

Memaksimalkan Peran Gadget Saat Pandemi

Tidak jarang tugas tugas dan pekerjaan rumah mengharuskan siswa untuk mengakses internet dan mengerjakannya dengan bantuan gadget. Dibalik sekian banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan gadget terdapat juga banyak manfaat positif yang terkandung didalamnya.

Dimasa pandemi seperti sekarang gadget adalah penunjang pembelajaran paling penting, gadget digunakan siswa untuk mempermudah mengakses materi dan menonton video pembelajaran. Dengan penggunaan gadget siswa menjadi memiliki banyak referensi belajar yang lebih bervariasi dan menyenangkan sesuai cara belajar anak.

Dengan adanya gadget ini juga menjadi alat penghubung antar guru dan murid yang sangat mempermudah jalan nya pembelajaran.

Dampak Positif Penggunaan Gadget

Memaksimalkan Peran Gadget Saat Pandemi. Berbagai aplikasi penunjang jalannya pembelajaran juga sangat amat mempermudah komunikasi guru dan murid . Berikut adalah beberapa dampak positif penggunaan gadget :

Mempermudah Komunikasi

Seperti yang sudah disebutkan diatas gadget sangat mempermudah jalannya komunikasi antar siswa dan guru, apalagi di era seperti sekarang ini disaat semua pembelajaran berjalan secara daring. Mulai dari aplikasi chat seperti whatsapp, telegram dan line hingga aplikasi video konferensi seperti google meet dan zoom kini bisa dilakukan di mana saja, hal ini sangat membantu jalannya proses belajar mengajar.

Meningkatkan Pengetahuan dan Informasi

Dengan adanya gadget anak menjadi lebih mudah mencari informasi. Hal ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas, mengecek ketepatan informasi, dan mencari materi pembelajaran. Seperti contohnya sekarang sangat banyak bimbel online yang dapat membantu anak belajar dan mengerjakan tugasnya, dengan video animasi yang menarik serta biaya yang lebih murah dari bimbel konvensional pada umumnya, tentu saja hal ini sangat menarik perhatian banyak orang.

Menjadi Sarana Hiburan

Saat merasa penat gadget juga bisa loh, menjadi sarana hiburan terdapat banyak aplikasi seperti game dan sosial media membuat kita bisa sejenak bermain dan menenangkan pikiran dari kepenatan. Atau jika anda hanya ingin menonton video, drama atau mungkin sebuah film sangat banyak aplikasi yang ditawarkan mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Adanya Sarana yang Lebih Canggih

Gadget menawarkan banyak pilihan dan kemudahan, terdapat banyak sekali aplikasi yang berguna yang bisa digunakan untuk menggali lebih banyak pengetahuan. Selain itu guru dan murid juga bisa mencoba lebih banyak sarana belajar yang lebih bervariasi dan menarik, seperti contohnya murid-murid bisa mengasah softskill mereka dalam menggambar secara digital atau membuat video menarik yang dapat di unggah ke youtube.

Tetapi gadget tetap harus digunakan secara bijak oleh penggunanya, sebuah gadget bisa menjadi barang yang sangat bermanfaat jika digunakan secara baik tetapi sebaliknya jika digunakan secara berlebihan gadget akan menjadi bumerang bagi pemiliknya.