Beginilah Pentingnya Buku dan Perpustakaan Keliling

Pentingnya Buku dan Perpustakaan Keliling

Beginilah Pentingnya Buku dan Perpustakaan Keliling .Buku merupakan kumpulan kertas yang dijilid menjadi satu dan berisi tulisan maupun gambar. Buku menjadi hal wajib saat kita melakukan pembelajaran di sekolah, perguruan tinggi, dan instansi sejenisnya. Namun, di era sekarang ini hampir banyak orang yang sudah tidak lagi minat akan buku. Apalagi buku dengan halaman tebal. Mengapa demikian?

Pentingnya Buku dan Perpustakaan Keliling

Beginilah Pentingnya Buku dan Perpustakaan Keliling .Adanya kemajuan teknologi, membuat bacaan berpindah menjadi versi digital. Artikel, materi pembelajaran, berita, novel, dan komik saat ini sudah bisa kamu temukan hanya dengan menggunakan ponsel. Ditambah saat pandemi, semua menjadi serba online. Segalanya terlihat lebih praktis. Hanya mengetikkan kata kunci di mesin pencarian Google, kamu dengan mudah menemukan apa yang diperlukan.

Minat Baca Buku Berkurang

Teknologi canggih dalam dunia literasi ini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, melainkan para pelajar sekolah dasar maupun menengah bahkan taman kanak-kanak. Banyak dari mereka yang sudah dibekali gadget, terlebih karena tuntutan pembelajaran di rumah saja. Hal ini membuat minat anak-anak terhadap buku cetak menjadi berkurang. Apalagi saat perpustakaan mulai banyak yang ditutup, termasuk perpustakaan keliling. Apakah kamu tahu mengenai kegiatan ini?

Apa Itu Perpustakaan Keliling

Perpustakaan keliling sangat populer beberapa tahun lalu. Buku-buku diantarkan ke kampung-kampung atau menetap di lokasi yang ramai, agar minat seseorang khususnya anak-anak terhadap literasi menjadi meningkat. Mereka menyewakan berbagai buku secara gratis. Dikarenakan pembawaan yang seru, anak-anak saat itu berbondong-bondong untuk meminjam buku dari perpustakaan keliling.

Namun, sekarang kegiatan ini sudah hampir musnah, hanya tersisa di beberapa daerah saja, salah satunya pemilik akun twitter @adionooo yang memiliki perpustakaan keliling di Bandar Lampung. Ia membagikan cuitannya kepada Bapak Presiden RI, Joko Widodo agar kegiatan tersebut tetap bisa dilaksanakan bahkan di seluruh penjuru negeri. Cuitannya ini berhasil meraih 16 ribu lebih retweet.

Buat Perpus Kelilingmu Sendiri

Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa membuat perpustakaan keliling di daerahmu. Untuk buku, jika tidak memadai, kamu bisa melakukan open donasi buku tak terpakai. Lakukan hal ini bersama teman-teman dan targetkan anak-anak terlebih dahulu. Kamu juga harus memiliki marketing yang menarik agar mereka mau membaca buku di perpustakaanmu. Sediakan buku-buku yang menyenangkan.

Biasanya anak-anak suka buku dengan banyak gambar. Kamu juga bisa menjadi guru dengan menjelaskan bagaimana pentingnya literasi dan menjawab jika mereka bertanya sesuatu yang tidak mereka pahami.

Pentingnya Membaca Buku

Meskipun kita harus mengikuti kemajuan teknologi, buku adalah sebuah ilmu yang tidak bisa dihilangkan. Jangan sampai, anak cucu kita di tahun-tahun mendatang tidak mengenal buku. Jangan sampai di sebuah instansi pendidikan tidak menggunakan buku lagi sebagai pembelajaran. Membaca buku dapat mengurangi mata kita menatap cahaya dari layar ponsel yang diketahui sangat berbahaya.

Intinya, pendidikan membutuhkan buku yang dicetak. Pendidikan juga membutuhkan membaca buku di luar jam sekolah karena waktu membaca saat jam pelajaran pasti tidak maksimal. Buku yang diberikan juga bisa jadi memiliki informasi yang kurang.

Jadi, membaca berbagai buku sangatlah penting agar ilmu yang didapatkan tidak setengah-setengah. Semoga perpustakaan keliling dapat didirikan lagi. Tepatnya didukung lagi oleh pemerintah. Dengan begitu, minat seseorang terhadap buku kembali meningkat.