Beranikan Diri Yuk, Praktikkan 12 Cara Menolak Teman Meminjam Uang Ini

Cara Menolak Teman Meminjam Uang

Praktikkan 12 Cara Menolak Teman Meminjam Uang Ini – Pada saat mendesak, meminjam uang dari teman adalah sesuatu yang disukai banyak orang. Selain menghindari proses persetujuan yang panjang dari bank, meminjam dari teman menawarkan fleksibilitas. Namun, jika hal itu malah menjadi kebiasaan yang dilakukan bahkan dalam keadaan yang tidak mendesak,  tentu akan sangat menjengkelkan. Anda mungkin bisa menerapkan cara menolak teman meminjam uang dalam artikel ini.

Pada situasi lain, mungkin Anda ingin membantu. Namun mengingat situasi keuangan Anda sendiri, memberikan pinjaman adalah ide yang buruk dan beresiko. Anda ingin membantu, namun pada saat yang sama Anda tentu tidak ingin mempersulit keuangan pribadi Anda sendiri. Untungnya, ada cara untuk mengatasi situasi seperti ini.

Budaya Berhutang ke Teman

Cara Menolak Teman Meminjam Uang

Di Indonesia dan seluruh dunia, berhutang ke teman sering dikaitkan dengan budaya tolong menolong. Namun pada banyak kasus, kemudahan yang didapatkan malah sering menjadi bumerang. Tentu Anda pernah melihat kasus dimana si penghutang berubah menjadi lebih galak ketika diminta mengembalikan hutangnya. Pada akhirnya hubungan pertemanan malah renggang akibat hal tersebut.

Untuk itu dibutuhkan cara menolak teman meminjam uang yang sopan dan tak membuat teman Anda tersinggung. Cara ini juga berguna bagi Anda yang berpendapat bahwa hutang merupakan salah satu hal yang berpotensi besar memutuskan tali silaturahmi.

12 Cara Menolak Teman Meminjam Uang

Cara Menolak Teman Meminjam Uang

Apakah Anda dalam posisi di mana Anda ingin menolak permintaan hutang dari teman? Berikut adalah beberapa cara untuk menolak dengan lembut dan membuat mereka tidak tersinggung.

1. Jangan Merasa Tertekan

Banyak orang menyetujui permintaan pinjaman karena mereka merasa tidak bisa menolak. Anda mungkin merasa telah disudutkan tanpa jalan keluar, ini karena teman Anda mendorong untuk membuat keputusan cepat. Anda tidak harus mengatakan ya, jadi jangan biarkan tekanan menguasai Anda. Jadi kata kunci pertama cara menolak teman meminjam uang adalah dengan bersikap tenang.

2. Beri Jeda Untuk Menjawab  Permintaan

Jika perlu, beri tahu teman Anda bahwa Anda perlu lebih banyak waktu untuk memikirkan semuanya. Ini dapat memudahkan Anda dalam  mengambil keputusan, karena Anda akan memiliki waktu untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda melakukan hal yang benar. Jeda waktu akan memberi Anda kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk memberikan respons yang jelas. Untuk memastikan bahwa Anda tidak membangun harapan palsu, jangan telalu lama memberikan jeda waktu.

3. Jadilah Tegas

Ketika Anda berbicara dengan teman, jelaskan dengan tegas bahwa Anda tidak dapat memberinya pinjaman. Misalnya, “Saya ingin membantu, tetapi saya tidak dalam kondisi yang tepat untuk meminjamkan uang kepada.” Ini to the point dan tidak memberi teman Anda banyak ruang untuk berdebat. Jika teman atau menaruh rasa hormat kepada Anda, harusnya cara menolak teman meminjam uang ini menjadi akhir dari diskusi.

4. Jangan Membuat Janji

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda tidak akan meminjamkan uang kepada teman, jangan bertele-tele. Jelaskan bahwa Anda tidak akan dapat meminjamkan uang dan jangan mencoba untuk membuat janji. Menyatakan bahwa Anda mungkin dapat memberi mereka uang minggu depan atau di waktu lain adalah ide buruk. Ini hanya akan memberi teman Anda ruang untuk mengulangi percakapan canggung yang sama dengan Anda di masa depan.

5. Jangan Membuat Pengecualian

Cara Menolak Teman Meminjam Uang

Jika Anda benar-benar dan tidak ingin meminjamkan uang kepada teman dan keluarga, Anda tidak dapat membuat pengecualian. Meminjamkan uang kepada satu teman, tetapi menolak meminjamkan uang kepada teman lain, dapat menyebabkan potensi konflik. Teguh dan konsisten dari keputusan untuk tidak meminjamkan uang kepada teman adalah cara menolak teman meminjam uang yang bagus.

6. Bantu Tinjau Keuangan Mereka

Untuk membantu meringankan beban mereka, tawarkan untuk membantu dengan melihat keuangannya. Dengan cara ini, jelas bahwa Anda ingin membantu. Mungkin ada cara bagi teman atau saudara Anda untuk menghindari pinjaman. Hitung pendapatan dan pengeluaran, dan lihat apa yang bisa dipotong dari keuangan mereka.

7. Sarankan Cara Alternatif untuk Mendapatkan Penghasilan

Mungkin teman atau anggota keluarga Anda perlu menghasilkan lebih banyak uang untuk membayar pengeluaran tak terduga. Jika itu masalahnya, sarankan cara alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Cara menolak teman meminjam uang ini akan memunculkan beberapa ide bisnis sampingan.

8. Sarankan Menjual Barang Pribadi

Menjual beberapa barang pribadi untuk mendapatkan uang tambahan adalah cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Ketika Anda menolak meminjamkan uang, tawarkan untuk membantu teman Anda menjual barang-barang mereka.

9. Sarankan Pinjaman Alternatif

Jangan memakai cara menolak teman meminjam uang yang satu ini kecuali tidak ada cara lain untuk membuat mereka berhenti meminta. Jika ini tampaknya menjadi satu-satunya pilihan, sarankan pada mereka untuk meminjam pihak lain.

10. Jujur

Anda bisa jujur ​​ tanpa mengungkapkan terlalu banyak kata. Dengan mengungkapkan kondisi Anda tentu mereka akan mundur secara teratur. Ini adalah cara menolak teman meminjam uang yang paling mudah dilakukan.

11. Teguh

Setelah memberi tahu seseorang bahwa Anda tidak dapat memberikan pinjaman, teman Anda mungkin akan bertahan dengan permintaan mereka. Jangan menyerah, penting bagi Anda untuk tetap teguh. Bersikap tegas bukan berarti tidak sopan.

12. Bersikap Simpatik

Penting untuk selalu bersikap simpatik dalam menerapkan salah satu cara menolak teman meminjam uang. Bahkan jika Anda tidak dapat membantu, mendengarkan mungkin dapat memberikan dukungan mental yang mereka butuhkan. Jangan mengubah topik pembicaraan atau mengangkat topik lain, hanya dengarkan saja mereka berbicara.

Dengan beberapa cara menolak teman meminjam uang di atas, Anda bisa menjaga hubungan pertemanan Anda tetap utuh. Jujur, sopan dan simpatik adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Jika perlu tawarkan untuk membantu mereka menemukan cara alternatif untuk melunasi hutang mereka.