Apakah Mahasiswa Bisa Daftar Prakerja Dan Mengikuti Pelatihan?

Mahasiswa Bisa Daftar Prakerja

Banyak orang bertanya, apakah mahasiswa bisa daftar prakerja? Pertanyaan semacam ini dilontarkan karena kartu prakerja memang menarik banyak minat masyarakat untuk menjadi penerimanya. Karena kartu prakerja ini bisa didapatkan oleh seluruh lapisan masyarkat, apakah mahasiswa bisa melakukan pendaftaran juga?

Perlu diketahui, program kartu prakerja ini dirancang dengan tujuan memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri supaya bisa menjadi bekal masyarakat dalam mencari pekerjaan. Atau yang sudah bekerja juga bisa meningkatkan skill mereka. Tapi untuk mendaftar kartu prakerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Apakah Mahasiswa Bisa Daftar Prakerja ?

Kartu prakerja dibuka lagi di tahun 2021 ini. Dan siapapun bisa membuatnya baik itu para pencari kerja, pekerja atau buruh yang sudah di phk atau buruh yang tengah membutuhkan peningkatan skill kerja misalnya pekerja atau buruh yang tengah dirumahkan, pekerja yang bukan penerima upah, begitu pun dengan para pelaku usaha baik kecil maupun mikro.

Syarat Mendaftar Prakerja

Dan untuk mendapatkan kartu prakerja, masyarakat harus membuatnya terlebih dahulu. Berikut ini sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar yang ingin menerima manfaat dari kartu prakerja:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Sudah berusia di atas 18 tahun
  3. Tidak sedang menempuh Pendidikan formal, sekolah maupun kuliah.

Jadi jika kamu bertanya, apakah mahasiswa bisa daftar prakerja tentu jawabannya tidak. Karena prakerja hanya diberikan untuk orang-orang yang ingin bekerja dan meningkatkan kompetensinya. Jika kamu sudah selesai kuliah, barulah kamu bisa membuat kartu prakerja ini.

Mahasiswa Bisa Daftar Prakerja

Daftar Jabatan yang Dilarang Mengikuti Prakerja

Dan kamu juga harus tahu jika ada golongan yang tidak boleh melakukan pendaftaran kartu prakerja. Jadi untuk pekerja atau karyawan yang memiliki profesi seperti ini tidak boleh mendaftar:

  • Pejabat Negara
  • Anggota DPRD Dan Pimpinan
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit TNI
  • Anggota Kepolisian
  • Kepala Desa dan Perangkatnya
  • Direksi, komisaris, Dewan Pengawas BUMN dan BUMD
Mahasiswa Bisa Daftar Prakerja

Dari golongan yang tidak boleh mendaftar kartu prakerja di atas, apakah mahasiswa bisa daftar prakerja sebab tidak masuk ke dalam golongan di atas? Jadi disini kamu harus tahu jika kartu prakerja ditujukan untuk orang-orang yang belum atau telah bekerja dengan syarat tidak tergabung atau memiliki profesi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Sudah disebutkan juga di atas bahwasanya pelajar atau mahasiswa yang masih mengenyam Pendidikan formal tidak boleh mendaftar kartu prakerja. Tapi jika kamu pelajar dan mahasiswa yang sudah lulus atau pelajar yang lulus dan tidak melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi bisa mendaftar kartu prakerja.

Nah, untuk kamu yang sudah mendapatkan kartu prakerja karena sudah sesuai dengan syarat yang berlaku, tentu kamu harus memanfaatkan program ini dengan sebaik mungkin. Karena kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan dengan biaya yang akan dicover oleh pemerintah.

Presiden Joko Widodo menyebutkan jika kartu prakerja ini harus mengimplementasikan dua hal yaitu membuat Angkatan kerja baru lebih siap dan sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja dan juga meningkatkan keterampilan dari Angkatan kerja supaya jadi lebih produktif serta meningkatkan daya saing.

Program Kartu Prakerja ini dikerjakan dengan cara massif melalui penyedia jasa swasta. Dan BUMN pun diminta untuk ikut terlibat menyediakan tempat pelatihan untuk peserta prakerja yang layak.

jadi jika ada teman atau kerabat yang bertanya apakah mahasiswa bisa daftar prakerja, kamu pasti sudah bisa menjawabnya karena jawabannya adalah tidak bisa. Buat mahasiswa yang masih mengenyam Pendidikan tentu harus lulus dulu jika ingin mendaftar di program kartu prakerja ini.