Belum Memiliki Penghasilan, Apakah Mahasiswa Bisa Membuat NPWP?

Mahasiswa Bisa Membuat NPWP

Indonesia bisa dibilang negara yang masyarakatnya masih kurang kesadaran dalam membayar pajak. Karena itu, baru-baru ini pemerintah Indonesia melakukan upaya baru yang akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak salah satunya dengan mewajibkan mahasiswa Indonesia untuk membuat NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.

Apakah Mahasiswa Bisa Membuat NPWP?

Apakah mahasiswa bisa membuat NPWP? Seperti yang kita tahu, orang-orang yang memiliki npwp adalah yang sudah bekerja. Padahal syarat untuk membuata NPWP bukan hanya untuk orang yang sudah bekerja saja. Karena itu mahasiswa sudah bisa dikategorikan sebagai salah seorang yang wajib memiliki NPWP.

Tapi sayangnya banyak mahasiswa yang enggan membuat NPWP dengan alasan mereka ingin lebih focus dengan Pendidikan yang tengah mereka jalankan. Selain itu, yang menjadi mahasiswa pun banyak yang belum memiliki penghasilan tetap. Walaupun ada mahasiswa yang sudah berpenghasilan, tapi penghasilan yang didapatkannya belum dikatakan besar atau melebihi PTKP. Jadi apa gunakanya memiliki NPWP? Mengapa membuat NPWP tidak dilakukan setelah memiliki pekerjaan saja dan mendapatkan penghasilan tetap di setiap bulannya?

Manfaat Memiliki NPWP

Apabila mahasiswa belum memiliki penghasilan tentu mahasiswa tidak memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Tapi meski begitu, kamu tetap harus membuat npwp. Jadi untuk menjawab pertanyaan apakah mahasiswa bisa membuat NPWP, tentu bisa. Apalagi dengan membuat NPWP ada banyak sekali manfaat positif yang akan kamu dapatkan diantaranya sebagai berikut:

Belajar Prosedur Menjadi Wajib Pajak

Mahasiswa Bisa Membuat NPWP

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan saat membuat npwp adalah bisa belajar prosedurnya. Karena untuk mendapatkan npwp atau nomor pokok wajib pajak ini, penting untuk kamu membuat npwp. Karena mahasiwa harus terjun dulu ke dunia perpajakan saat memasuki tahapan dalam membuat npwp.

Lebih Rendah Dalam Membayar Pajak

Mahasiswa Bisa Membuat NPWP

Selain itu, jika kamu sudah memiliki NPWP maka kamu tidak harus membayar pajak dalam jumlah yang tinggi. Dan ini berbeda dengan mereka yang harus membayar pajak tapi tidak memiliki NPWP sehingga harus membayar 20% lebih besar disbanding pajak yang harusnya kamu bayarkan.

Digunakan Untuk Mengajukan Pinjaman Ke Bank

Mahasiswa Bisa Membuat NPWP

Manfaat ketiga adalah untuk mengajukan pinjaman ke bank. Jadi kamu harus tahu jika salah satu syarat mengajukan pinjaman ke bank adalah calon debiturnya harus memiliki NPWP supaya pihak bank tahu apakah calon peminjam di bank mereka orang yang taat pajak atau tidak. Jadi penting untuk kamu memiliki npwp jika ingin mengajukan pinjaman ke bank.

Syarat Membuat SIUP

Mahasiswa Bisa Membuat NPWP

Jika kamu mahasiswa dan memiliki usaha, tentu kamu tidak perlu bertanya lagi apakah mahasiswa bisa membuat NPWP atau tidak. Karena bagi orang-orang yang memiliki usaha tentu saja syarta untuk membuat SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah harus memiliki NPWP. Jadi apabila kamu tidak memiliki NPWP tentu kamu tidak bisa membuat SIUP.

Membeli Produk Investasi

Dan terakhir, jika kamu ingin membeli produk investasi tentu kamu juga akan membutuhkan yang namanya NPWP ini. Karena fungsinya adalah supaya mencegah terjadinya tindak pencucian uang yang sangat mungkin terjadi serta adanya pendanaan untuk kegiatan teroris.

Jadi jika ada yang bertanya, “Apakah mahasiswa bisa membuat NPWP?tentu saja jawabannya bisa. Dan bahkan mahasiswa kini dianjurkan untuk membuat NPWP sesegera mungkin meski belum memiliki penghasilan. Apalagi dengan manfaat-manfaat yang akan dirasakan oleh orang yang memiliki NPWP, tentunya semua orang wajib memiliki NPWP ini supaya  bisa menyadari pentingnya membayar pajak.