Mengenal 3 Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo

Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo

Mengenal 3 Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo – Apakah Anda saat ini tertarik untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri? Jangan ragu dengan harganya yang mahal karena saat ini Anda sudah bisa mendapatkan beasiswa Jepang Monbukagakusgo atau MEXT. Beasiswa ini diselenggarakan pemerintah Jepang untuk Anda para lulusan SMA/SMK/Sederajat yang tertarik ingin melanjutkan kuliaih di Jepang.

Tapi sebelum itu, pastikan Anda sudah mengetahui beberapa program yang dimiliki oleh beasiswa MEXT ini, Khusus untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di jenjang S1, Anda akan mendapatkan 3 program yakni Undergraduate (Gakubu), program Specialized Training College (Senshu) dan program Kosen atau College of Technology. Setiap program memiliki lama studi dan fokus yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mengetahui beasiswa ini, berikut detail program yang bisa Anda ikuti nanti.

Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo

Program Undergraduate (Gakubu)

Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo

Program undergraduate atau Gakubu ini adalah salah satu program beasiswa untuk kuliah S1 baik di bidang IPA maupun IPS. Jika Anda ingin mengikuti program ini, Anda akan menjalani masa persiapan 1 tahun untuk belajar mata kuliah dasar dari cabang ilmu masing-masing. Jika Anda memilih bidang studi IPS, ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari misalnya Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu sosial. Sementara di bidang IPA, Anda akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti Kimia, Fisika dan Biologi.

Setelah selesai menjalankan persiapan 1 tahun belajar mata kuliah dasar, Anda akan menjalani perkuliahan untuk prodi yang dipilih. Jadi untuk total waktu menjalani kuliah nanti selama 5 tahun.Nah, untuk Anda yang ingin melakukan pendaftaran, Anda akan diperbolehkan untuk memilih hingga 3 prodi atau program studi. Jadi Anda yang ingin mengikuti program ini harus mengetahui terlebih dahulu program studinya, cakupan beasiswanya, persyaratan yang harus dilengkapi dan sebagainya.

Program Specialized Training College (Senshu)

Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo

Selain itu, untuk Anda yang ingin mengikuti beasiswa Jepang Monbukagakusgo, Anda juga dapat memilih program specialized Training College dimana Anda akan mendapatkan pelajaran tentang keahlian khusus. Lulusan dari program ini diharapkan dapat mendukung berbagai industri yang potensial untuk berkembang. Program ini hanya berlangsung 2 tahun saja dan setelah Anda lulus, Anda bisa melanjutkan pendidikan lagi ke jenjang S1 jika sudah menjadi mahasiswa di tahun ketiga.

Sama halnya dengan program sebelumnya, Anda diwajibkan untuk belajar bahasa Jepang dulu sebelum mengambil program ini selama 1 tahun. Jadi total waktu tempuh untuk studi di Jepang nanti ada 3 tahun. Jadi jika sudah mantap ingin mengikuti program kuliah Senshu ini, Anda harus cari tahu apa saja cakupan dan juga persyaratan untuk bisa  mendapatkan beasiswanya.

Program College Of Technologi (Kosen)

Program Beasiswa Jepang Monbukagakusgo

Dan program terakhir untuk Anda yang tertarik mengikuti beasiswa Jepang Monbukagakusgo adalah program college of Technology. Program ini memberikan kesemaptan untuk lulusan SMA/SMK dan sederajat yang ingin berkuliah di jurusan teknik. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan pada program ini, Anda akan berfokus pada bidang teknik. Dan lulusan dari program ini diharapkan menjadi ahli atau insinyur di bidang teknik.

Nah, untuk Anda yang bercita-cita menjadi insinyur, Anda bisa ikut bersaing dan melakukan pendaftaran pada beasiswa ini. Sebelum kuliah, Anda diwajibkan belajar bahasa Jepang terlebih dahulu selama 1 tahun. Total masa studi yang akan dijalani nanti adalah 4 tahun. Dan untuk Anda yang memilih Maritim Engineering, masa studi yang akan ditempuh adalah 4,5 tahun.

Jadi itulah beberapa program beasiswa Jepang Monbukagakusgo yang harus Anda ketahui. Jika Anda tertarik dengan salah satu programnya, Anda harus cari tahu syaratnya. Tapi jika Anda sudah kelas 10, 11, Anda harus belajar dengan giat supaya mendapatkan beasiswa ini nanti.