Berapa Biaya Kuliah di Oxford University? Cek Jawabannya Disini

Berapa Biaya Kuliah di Oxford University

Berapa Biaya Kuliah di Oxford University? Cek Jawabannya Disini – Bagi Anda yang berniat melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di luar negeri, pastinya sudah tak asing dengan Oxford University. Bukan tanpa alasan, Oxford University merupakan salah satu kampus bergengsi dunia yang memiliki berbagai keunggulan dalam sistem pembelajarannya. Namun masih banyak orang yang belum tahu berapa biaya kuliah di Oxford University untuk mengenyam pendidikan di sana.

Sekedar informasi, Oxford University sampai saat ini masih menjadi universitas yang berada di peringkat 1 dalam jajaran lembaga perguruan tinggi terbaik menurut The World University Rankings. Tak heran jika banyak peserta didik yang berlomba-lomba untuk masuk ke Oxford University meskipun harus membayar biaya yang mahal. Bagi Anda yang penasaran dengan biaya kuliah di Oxford University, bisa simak informasinya di bawah ini.

Mengetahui Berapa Biaya Kuliah Oxford University

Sebelum membahas lebih jauh tentang berapa biaya kuliah di Oxford University, tak ada salahnya Anda mengenal tentang perguruan tinggi tersebut. Sebagai informasi, Oxford University adalah salah satu kampus tertua yang ada di dunia. Banyak orang yang masih mempertanyakan kapan tanggal pasti pendirian kampus tersebut. Namun diperkirakan, Oxford University sudah berdiri sejak abad ke 11.

Menjadi salah satu universitas tertua di dunia, Oxford University juga dikenal mempunyai reputasi yang baik, terutama dalam dunia ilmu pengetahuan dan humaniora. Bukan itu saja, Oxford University juga menjadi rumah bagi para siswa yang berasal dari seluruh dunia yang ingin mendapat pendidikan tinggi berkualitas serta memperoleh pengalaman belajar tidak terlupakan.

Bagi Anda yang penasaran dengan berapa biaya kuliah di Oxford University, sejatinya untuk biayanya sendiri berbeda-beda. Mengingat Oxford University memiliki lebih dari 40 fakultas yang menawarkan bermacam program studi di bidang sains, ilmu sosial, kedokteran, humaniora, hukum, dan masih banyak lagi. Apalagi di dalamnya tersedia fasilitas lengkap, salah satunya lebih dari 100 perpustakaan yang memiliki jutaan item koleksi.

Berapa Biaya Kuliah di Oxford University

Kelebihan Kuliah di Oxford

Berbicara tentang berapa biaya kuliah di Oxford University, tentu berkaitan dengan apa saja kelebihan yang didapat saat kuliah di Oxford? Mengingat jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh peserta didik tentu tidak sedikit. Oleh karenanya, banyak sekali kelebihan yang didapat oleh siswa saat mengenyam pendidikan di Oxford University. Beberapa kelebihan yang Anda dapatkan ketika berkuliah di Oxford University antara lain:

1.      Pendidikan Mumpuni

Salah satu kelebihan kuliah di Oxford University adalah karena kampus tersebut memiliki program unggulan terutama pada bidang sains. Bahkan Oxford University berada di peringkat top 1 dunia dalam bidang medis dan peringkat 6 top dunia pada bidang lain seperti ilmu sosial, ilmu kehidupan, humaniora, dan seni. Semua topik pembelajaran yang ada di Oxford University selalu menjadi topik hangat di seluruh dunia.

2.      Peluang Besar Bagi Mahasiswa Internasional

Menariknya, Oxford University juga membuka peluang bagi mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara. Kampus tersebut membuka gerbangnya bagi mahasiswa asing pertama kali di tahun 1190 silam dengan ciri khas globalisasi. Saat ini, Oxford University terus meningkatkan laju globalisasi sehingga menjadi universitas dengan karakter internasional paling kuat. Untuk itu, penting mengetahui berapa biaya kuliah di Oxford University.

3.      Berada di Peringkat Atas Perguruan Tinggi Terbaik

Sejak dulu sampai sekarang, Oxford University sudah membuktikan dirinya sebagai perguruan tinggi terbaik yang ada di dunia. Universitas yang terletak di Oxford ini selalu berada di peringkat atas perguruan tinggi terbaik di Inggris maupun seluruh dunia. Menariknya lagi, Oxford University juga selalu menjadi perguruan tinggi terbaik dunia menurut THE World University Rankings selama 7 tahun berturut-turut.

Artis yang Kuliah di Oxford

Saat berbicara tentang berapa biaya kuliah di Oxford University, pastinya terbayangkan biaya mahal yang harus dikeluarkan. Tak heran jika mereka yang berkuliah disini pastinya bukan orang biasa saja. Terbukti ada beberapa artis dunia dan Indonesia yang bisa kuliah di Oxford sampai lulus. Lalu siapa saja artis yang kuliah di Oxford University? Anda bisa simak daftarnya di bawah ini.

1.      Maudy Ayunda

Maudy Ayunda adalah artis sekaligus penyanyi Indonesia yang lulus S1 dari Oxford University. Setelah lulus dari Oxford University, Maudy Ayunda melanjutkan pendidikan dengan Joint Degree Program yang ada di Stanford University. Selebriti cantik ini pun berhasil lulus dengan mendapat gelar Master of Education. Saat ini, Maudy Ayunda tak hanya sibuk di industri akting.

2.      Felicity Jones

Artis berikutnya yang merupakan lulusan Oxford University adalah Felicity Jones jurusan sastra Inggris. Kabarnya kakak Felicity Jones mengenyam pendidikan di Harvard University. Hebatnya kala itu, ia sudah berkarir sebagai artis sampai sempat cuti berkuliah. Kendati demikian, Felicity Jones berhasil lolos dari Oxford University tepat tahun 2006 lalu.

3.      Hugh Grant

Aktor Hugh Grant tak hanya bisa berlaga di film keren. Sebab ia juga bisa berkuliah di universitas bergengsi yakni Oxford University. Hebatnya lagi, sang aktor diterima di Oxford University lewat jalur beasiswa. Diketahui ia mengambil jurusan sastra Inggris di Oxford University. Tidak diketahui kapan waktu lulus sang aktor, namun kalau dihitung sejak waktu studi di Inggris, diperkirakan Hugh Grant lulus pada tahun 1982 silam.

Pembiayaan di Oxford untuk Beasiswa

Berapa Biaya Kuliah di Oxford University

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika bertanya tentang berapa biaya kuliah di Oxford University, maka jawabannya berbeda-beda sesuai jurusan dan lama kuliah yang dipilih. Walaupun begitu, Oxford University juga menawarkan berbagai jenis beasiswa yang dapat dipilih oleh peserta didik. Berikut ini ada beberapa pembiayaan di Oxford University untuk beasiswa yang bisa dipilih.

1.      Beasiswa Clarendon

Pertama ada program beasiswa Clarendon Scholarship. Sebagai informasi, beasiswa tersebut bertujuan untuk siswa pascasarjana yang mempunyai prestasi akademik sangat baik. Program beasiswa Clarendon di Oxford University mencakup berbagai pembiayaan mulai dari biaya hidup, biaya kuliah, serta tiket pulang pergi.

2.      Beasiswa Rhodes

Banyak orang yang menganggap berapa biaya kuliah di Oxford University tergolong mahal. Tak perlu khawatir, sebab para siswa bisa memanfaatkan beasiswa lainnya yang tersedia di universitas tersebut. Beasiswa yang dapat dipilih oleh peserta didik berikut berikutnya adalah Beasiswa Rhodes. Program beasiswa satu ini mencakup biaya hidup, biaya kuliah, serta tiket pulang dan pergi.

3.      Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa Erasmus Mundus menjadi beasiswa berikutnya yang bisa digunakan di Oxford University. Sebagai informasi, ini merupakan program beasiswa dari Uni Eropa untuk siswa internasional yang hendak melanjutkan pendidikan di kampus Uni Eropa. Mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut akan menerima bantuan untuk biaya hidup, biaya kuliah, serta tiket pulang dan pergi.

4.      Beasiswa Chevening

Selanjutnya ada beasiswa Chevening yang berasal dari pemerintah Inggris. Sebagai informasi, beasiswa Chevening diperuntukkan bagi siswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Inggris. Bantuan beasiswa tersebut akan membantu biaya hidup, biaya kuliah, sekaligus tiket pulang dan pergi.

5.      Weidenfeld Hoffmann Scholarship

Karena banyak orang yang menganggap berapa biaya kuliah di Oxford University cukup mahal, Anda pun bisa memanfaatkan program beasiswa bernama Weidenfeld Hoffmann Scholarships. Beasiswa tersebut diberikan untuk mendukung para siswa internasional yang berprestasi tinggi sekaligus mempunyai komitmen untuk membangun hubungan internasional kuat dan berkelanjutan.

Program beasiswa ini menawarkan dukungan keuangan secara penuh selama masa pembelajaran. Anggaran tersebut mencakup biaya hidup, biaya kuliah, serta tiket pesawat pulang dan pergi baik ke atau dari Universitas Oxford. Bukan itu saja, penerima beasiswa juga akan mendapat dukungan tambahan seperti pelatihan kepemimpinan, program mentoring, serta kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas sosial  maupun akademik.

Baca Juga: Belajar di 10 Universitas yang Memiliki Jurusan MBA Terbaik di Dunia

Biaya Mandiri Kuliah di Oxford

Berapa Biaya Kuliah di Oxford University

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, label prestisius Oxford memicu stigma bahwa kuliah di Oxford membutuhkan biaya mahal. Lalu sebenarnya berapa biaya kuliah di Oxford University yang harus dipersiapkan oleh para peserta didik? Sebagai informasi, ada dua jenis biaya ketika Anda akan belajar di Oxford University. Pertama, ada biaya terkait perkuliahan itu sendiri, sedangkan kedua adalah biaya untuk keperluan hidup selama masa pembelajaran.

Biaya pendidikan di Oxford University dibedakan antara overseas student dan home students. Pembagian tersebut biasanya berdasarkan kepada lokasi tempat tinggal, kewarganegaraan, dan tingkat pendidikan sebelumnya. Secara umum, jika Anda termasuk dalam kelompok mahasiswa overseas, maka dana yang harus dikeluarkan tergolong lebih besar.

Berdasarkan tingkat pendidikan yang diambil, lalu berapa biaya kuliah di Oxford University? Adapun biaya Oxford University dalam rupiah mulai dari Rp 280 juta sampai Rp 400 juta untuk program pendidikan sarjana. Kisaran biaya berikutnya adalah Rp 150 juta sampai Rp 400 juta untuk pendidikan pascasarjana. Perlu Anda ketahui, nominal tersebut akan dikeluarkan untuk keperluan setiap tahun.

Selain itu, sangat mungkin terjadi kenaikan biayanya sesuai kurs atau beberapa situasi lain. Bukan itu saja, Anda juga harus mempersiapkan dana untuk living cost yang biayanya sekitar Rp 200 juta hingga Rp 350 juta per tahunnya. Sebenarnya biaya itu relatif wajar untuk kebutuhan pendidikan di luar negeri, terutama di Inggris dan Eropa. Oleh sebab itu, anggapan biaya kuliah di Oxford begitu tinggi sepertinya kurang tepat.

Walaupun begitu, dibandingkan kuliah di dalam negeri, berapa biaya kuliah di Oxford University dan keseluruhan dana yang harus Anda persiapkan untuk mendukung penyelesaian belajar disana memang tergolong besar. Oleh karenanya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan untuk meminimalisir atau menekan pengeluaran untuk sejumlah hal.

Itulah informasi seputar berapa biaya kuliah di Oxford University yang bisa Anda pahami sekarang juga. Jika Anda tertarik kuliah di Oxford University, ada baiknya persiapkan dananya sejak dini.