5 Rekomendasi Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

5 Rekomendasi Buku Manajemen Sumber Daya Manusia – Membahas tentang buku manajemen sumber daya manusia, ternyata banyak sekali buku yang membahas tema tersebut. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena memang sumber daya manusia merupakan salah satu kunci keberhasilan di dalam menjalankan bisnis dan organisasi.

Artinya, tanpa sumber daya manusia yang berkualitas ini tidak mungkin bisa menciptakan hal tersebut. Maka dari itu, di kesempatan kali ini akan memberikan 5 buku manajemen sumber daya manusia yang paling sering dicari dan laris di pasaran.

Barangkali buku rekomendasi ini sesuai dengan tema di dalam membuat bahan skripsi maupun pegangan mata kuliah. Semua rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia ini dapat digunakan sebagai panduan manajemen di sebuah organisasi.

Nah, apa saja rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia? Sedangkan, untuk Anda yang penasaran perihal buku manajemen sumber daya manusia bisa simak penjelasan di bawah ini.

5 Rekomendasi Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk saat ini banyak sekali rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia. Akan tetapi, tidak semuanya bisa membantu Anda di dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sebagai berikut 5 daftar buku manajemen sumber daya manusia :

1. Manajemen SDM Berbasis Technopreneurship

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia pertama, yaitu karya Charles Soetyono Iskandar dkk. Menariknya lagi di dalam buku kali ini adalah menekankan kepada manajemen berbasis technopreneurship.

Diketahui, bahwa awal dekade kemerdekaan Indonesia sudah fokus di dalam pembangunan karakter bangsa. Dimana, Indonesia mulai berani dan mandiri. Hal ini terlihat dari kebangkitan rakyat yang terjajah dan berani melawan penjajah.

Itu sebabnya, di masa Pemerintah Soekarno Indonesia dijadikan sebagai Macan Asia dan ditakuti oleh beberapa negara besar lainnya. Hal menarik dari rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia adalah penulis akan mengantarkan para pembaca mengenai falsafah bangsa terlebih dahulu.

Di dalam hal tersebut sengaja disampaikan, karena menjadi benang merah dan nantinya akan berkorelasi dengan isi dari pemaparan materi tersebut. Pada saat membaca buku tersebut, maka Anda akan belajar banyak hal mengenai karakter cerdas di dalam kegiatan pembelajaran.

Perihal ini masih membicarakan mengenai manajemen sumber daya manusia, maka dari itu Anda juga harus mengenal bagaimana menjalankan manajemen secara baik. Termasuk juga Anda nantinya akan membahas teknologi produksi dan pendidikan kejuruan.

2. Buku MSDM : Kumpulan MSDM

Rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia kedua, yaitu karya Dr. Emed Taryaman, S.E, M.M.  Tebal dari buku satu ini adalah 241 halaman dan kebanyakan isinya dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis.

Secara garis besar, buku ini lebih menekankan pada teori manajemen sumber daya manusianya. Era globalisasi seperti sekarang ini membutuhkan manusia yang berkualitas agar bisa bersaing dengan sehat.

Namun, hal tersebut juga membutuhkan persiapan yang sangat panjang dan tidak mudah. Salah satunya adalah mempersiapkan SDM yang berkualitas itu bukan menjadi hal mudah.

Bagaimanapun, SDM yang berkualitas ini dijadikan sebagai sentral pengelolaan agar bisa berkembang maju pesat. Buku manajemen sumber daya manusia hasil penelitian ini fokus terhadap pengertian secara teoritis.

Diharapkan dengan adanya buku manajemen sumber daya manusia ini dapat menciptakan manajemen yang bisa diberdayakan. Jadi penulis mempunyai harapan besar MSDM sebagai ilmu yang mengatur hubungan dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Buku Mental Health Terbaik

3. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia ketiga dari karya Sri Larasati. Selain itu, buku ini mempunyai harga jual mulai dari Rp123.000,00 dengan ketebalan 245 halaman.

Apa saja ilmu yang didapatkan pada saat membaca buku manajemen sumber daya manusia satu ini? Tentu saja banyak dan di dalam buku kali ini tidak hanya mempelajari pendahuluan sumber daya alam saja. Namun, mempelajari mengenai bagaimana cara merencanakan SDM yang baik.

Sampai dengan saat ini banyak sekali dari kalangan masyarakat yang belum tahu mengenai cara merancang SDM efektif untuk suatu perusahaan. Bagaimanapun juga manusia adalah salah satu faktor strategis untuk mencapai tujuan perusahaan dan organisasi paling baik dibandingkan robot.

Tidak bisa dipungkiri peran SDM ini bisa membantu Anda di dalam mengerahkan semua sumber daya dan kemampuan internal perusahaan. Di dalam bidang bisnis, SDM yang strategi ini disebut sebagai salah satu tolak ukur keberhasil. Hal ini menunjukkan memang benar, bahwa SDM ini sangat penting. Lalu apakah ilmu yang akan dipelajari dari buku manajemen sumber daya manusia?

Para pembaca akan mendapatkan banyak ilmu mengenai cara menempatkan orientasi tenaga kerja dan aturan pemberian kompensasi kepada karyawan. Satu hal menariknya lagi adalah di dalam buku manajemen sumber daya manusia ini juga dipaparkan bagaimana melakukan penilaian kinerja, keselamatan dan masih banyak lainnya lagi.

4. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia : Dalam Perspektif Manajerial dan Sosial

Rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia berikutnya, yaitu karya Afri Erisman. Buku yang satu ini diterbitkan pada tahun 2015 lalu dan akan meninjau dari perspektif manajerial.

Untuk Anda yang sedang menyusun skripsi atau laporan, maka sangat cocok membeli buku manajemen sumber daya manusia satu ini. Meski buku ini sudah diterbitkan agak lama, akan tetapi masih relevan dengan masa sekarang.

Buku setebal 363 halaman ini tidak hanya sekedar mengulas SDM secara harfiah saja. Akan tetapi, sudah mengarh kepada istilah personalia dan Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini bukan.

Dimana personalia atau HRD ini mempunyai peran penting di dalam meningkatkan sumber daya alam perusahaan. Ketika ternyata ditemukan sumber daya manusia yang buruk, maka tugas dari personalia adalah membuat manajemen sumber daya manusia.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Tentu saja sebuah perusahaan maupun organisasi ingin berkembang maju. Maka dari itu, salah satu caranya adalah membangun dan meningkatkan kualitas karyawannya.

Ada banyak sekali faktor yang harus dipersiapkan, ketika ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Misalnya, materi, trainer, pelayanan dan pemberian service bagi karyawan.

5. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia terakhir adalah karya Muh. Saleh Malawat. Buku dengan tebal 59 halaman ini memang mengulas secara singkat.

Meski singkat, akan tetapi buku ini sangat bermanfaat. Secara garis besar, buku terbitan 2017 ini mengupas lebih ke manajemen di dalam mengelola sebuah perusahaan.

Jadi, buku kali ini sangat cocok dimiliki oleh Anda yang mempunyai cita-cita menjadi seorang pengusaha. Dengan membaca buku ini, Anda bisa mengerti cara mengelola perusahaan dan cara menciptakan job deskripsi dan masih banyak lainnya.

Membicarakan tentang manajemen, maka akan bersinggungan dengan personality. Sehingga, untuk para penulis akan mengupas hal tersebut di dalam buku ini mengenai pendekatan secara personality.

Pilih saja salah satu rekomendasi buku manajemen sumber daya manusia di atas sesuai dengan kebutuhan. Semoga pembahasan diatas bisa membantu Anda yang ingin menjadi pemimpin perusahaan maupun organisasi.