Cerpen Pendidikan: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Cerpen Pendidikan

Cerpen Pendidikan: Pengertian, Ciri, dan Contohnya – Cerpen adalah salah satu bacaan yang sering dibaca orang-orang dengan berbagai tujuan. Cerpen atau cerita pendek jelas berbeda dengan novel yang memiliki alur atau kisah lebih panjang. Oleh sebab itu, cerpen sering menjadi bacaan di waktu senggang lantarang bisa habis dibaca hanya dalam satu kali duduk. Banyak sekali jenis cerpen di sekitar Anda, salah satunya adalah cerpen pendidikan.

Tak heran jika membaca cerita pendek menjadi salah satu aktivitas yang digemari lantaran dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun. Cerita pendek pendidikan sendiri juga termasuk jenis cerpen yang dibedakan berdasarkan kisah yang diangkat. Bagi Anda yang baru mendengar jenis cerita pendek pendidikan tak perlu khawatir. Berikut ini ada pembahasan cerita pendek pendidikan yang menarik untuk disimak.

Apa Itu Cerpen Pendidikan?

Cerpen Pendidikan

Sesuai dengan namanya, cerpen pendidikan adalah salah satu jenis cerita pendek yang menyajikan kisah berlatar belakang pendidikan. Dari tema yang disampaikan, jenis cerita pendek satu ini menyimpan berbagai pesan yang berkaitan dengan pendidikan atau pembelajaran kepada semua pembacanya. Karena itulah, di dalam cerpen tema pendidikan terkandung nilai moral atau pelajaran tertentu.

Walaupun bertema pendidikan, cerpen jenis ini tidak melulu menceritakan kehidupan yang terjadi di sekolah. Sebab cerita pendek pendidikan juga sering kali menampilkan kisah tentang kehidupan seorang guru maupun murid di aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itulah, pesan moral yang tersimpan dalam cerita pendek pendidikan tidak hanya menyampaikan pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Sebab cerpen pendidikan juga menyampaikan nilai serta pelajaran tentang kehidupan yang bisa membantu membentuk kepribadian atau karakter. Tidak jarang cerita pendek pendidikan juga menyampaikan konsep terkait ilmu pengetahuan yang bisa menambah wawasan pembacanya. Umumnya, cerita pendek pendidikan juga ditujukan untuk pembaca remaja atau anak-anak sampai dewasa sekalipun.

4 Ciri Cerpen Pendidikan

Tentu saja cerpen pendidikan berbeda dengan jenis cerita pendek lainnya. Anda pun bisa mengidentifikasikan cerita pendek pendidikan dengan beberapa ciri tersendiri. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri cerita pendek pendidikan yang menjadi pembedanya dengan jenis cerpen lainnya untuk Anda simak:

1.      Cerita pendek pendidikan memakai bahasa yang relatif sederhana dan mudah untuk dipahami, lantaran ditujukan untuk kalangan pembaca anak-anak sampai remaja.

2.      Cerita pendek pendidikan menggambarkan kejadian atau situasi yang biasa terjadi dalam aktivitas sehari-hari dan membuatnya mudah diterima oleh kalangan pembaca.

3.      Cerpen pendidikan didalamnya menyimpan pesan dan pembelajaran ataupun nilai moral untuk semua pembacanya

4.      Kisah dalam cerita pendek pendidikan tidak terlalu mengandalkan konflik atau unsur dramatis yang ekstrim. Sebaliknya, cerita dalam cerpen jenis ini menonjolkan hal sederhana dan nilai positif

Contoh Cerpen Pendidikan

Cerpen Pendidikan

Banyak sekali contoh cerpen pendidikan yang bisa Anda temukan di internet, salah satunya ada di Dianisa.com. Cerita tersebut sangat menarik untuk dibaca, seperti:

Miskin Tidak Menjadi Penghalang Mengejar Impian

Aku adalah anak pemulung dan pekerja buruh. Ayahku merupakan buruh pabrik, sedangkan ibuku bekerja mengumpulkan berbagai barang bekas agar bisa menambah biaya sekolah, kehidupan aku dan adik-adikku. Aku juga menjual kue di sekolah, kue jenis apapun yang dibuat ibu selalu aku jual di kelas kepada teman-temanku. Meskipun tidak banyak, uangnya cukup ditabung untuk membayarkan uang sekolah

Saat ini, aku duduk di kursi mahasiswa untuk meneruskan pendidikan dengan beasiswa ke jenjang magister. Sepenggal cerita diriku tadi adalah kisahku waktu duduk di bangku sekolah dasar.

Itulah informasi seputar cerpen pendidikan yang menarik Anda pahami sekarang juga. Dengan informasi tersebut, kini Anda tak lagi bingung ketika mendapati cerpen pendidikan di internet ataupun buku.