Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA untuk Peningkatan Literasi

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA untuk Peningkatan Literasi – Ternyata ibu dan bapak guru perlu ikut latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA dengan berbagai keperluan. Sebagai informasi, contoh soal asesmen literasi membaca tingkat SMA akan memungkinkan Anda meningkatkan kemampuan membaca atau literasi. Memang asesmen sama sekali tidak berhubungan dengan nilai dan tak seluruh siswa perlu ikutan. Walaupun begitu, tetap saja kompetensi literasi tergolong penting.

Menurut Kemendikbud, kemampuan literasi dan numerasi menjadi dasar penting agar dapat menguasai bermacam pelajaran. Bukan hanya itu, kompetensi literasi juga akan membantu ketika seleksi masuk perguruan tinggi, UTBK, serta menentukan kesuksesan perkuliahan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda mencoba latihan dalam membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA demi meningkatkan kemampuan di bidang tersebut.

Pentingnya Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Sebelum membahas lebih dalam tentang latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, sebaiknya Anda perlu tinjau kembali maksud dari literasi membaca dan menulis. Sebagai informasi, literasi membaca dan menulis adalah pengetahuan sekaligus kecakapan untuk menulis, membaca, mencari, mengolah, menelusuri, serta memahami informasi. Semua itu dilakukan untuk menganalisa menanggapi dan memakai teks tertulis untuk tujuan tertentu.

Selain itu, kemampuan tersebut juga dilakukan untuk mengembangkan pemahaman, potensi, dan partisipasi dalam lingkungan sosial. Tidak seperti istilahnya, literasi membaca dan menulis mencakup kemampuan yang tingkatannya lebih dari sekedar dapat mengeja kalimat lalu menuliskannya. Sebab literasi membaca dan menulis harus dikembangkan untuk mendapat pemahaman lebih bermakna tentang bermacam cakupan dan konteks dalam kehidupan.

Dalam lingkungan satuan pendidikan, kompetensi literasi yang terus saja berkmebang memungkinkan peserta didik menggunakannya dalam bermacam mata pelajaran. Ini merupakan wujud dari Merdeka Belajar yang merupakan kebijakan skala besar demi mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan yang ada di Indonesia. Kebijakan ini diterapkan sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi dunia pendidikan.

Latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA sangat penting lantaran membaca adalah kompetensi minimum bagi siswa untuk belajar sepanjang hidup dan bisa berkontribusi dalam masyarakat. Hal ini dilakukan juga mengingat tingkat literasi siswa di Indonesia masih rendah. Dampak dari asesmen literasi diharapkan mampu memperbaiki budaya belajar di kalangan siswa Indonesia.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi?

Dalam penilaian soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, tak hanya terpaku dengan pengukuran topik ataupun konten tertentu. Aspek lain yang perlu dinilai yaitu berbagai konten, konteks serta pada sejumlah tingkat proses kognitif. Konten dalam literasi membaca menunjukkan jenis teks yang dipakai. Dalam hal ini, jenis teks yang digunakan dibedakan dalam dua kelompok, yakni teks fiksi dan teks informasi.

Lalu tingkat proses kognitif memperlihatkan proses berpikir yang diperlukan atau dituntut untuk bisa menyelesaikan persoalan ataupun masalah. Dalam literasi membaca, level tersebut adalah interpretasi, menemukan informasi, integrasi, serta refleksi dan evaluasi. Sementara itu, konteks menunjukkan situasi atau aspek kehidupan untuk konten yang dipakai. Konteks dalam AKM literasi dibedakan menjadi tiga yakni sosial budaya, personal, dan saintifik.

Analisis Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Bagi Anda yang tengah latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, sebaiknya ketahui tentang analisa tahap asesmen literasi membaca di jenjang pendidikan tersebut. Pahami tahap analisa yang diperlukan dalam membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA supaya Anda bisa lebih mudah membuatnya. Tahapan asesmen literasi terbagi dalam level-level tersendiri, yakni:

A.    Level Pembelajaran 1

Untuk siswa SMA kelas 9 dan 10, peserta didik akan belajar sesuai dengan tingkat kognitif pada literasi membaca. Namun siswa pada kelas 9 dan 10 akan memakai konten yang semakin meningkat sesuai dengan jenjang pendidikan. Nantinya siswa memahami teks secara literal serta menyusun inferensi, juga membuat prediksi dan koneksi bagi dalam bentuk teks tunggal ataupun teks jamak.

Selain itu, dengan soal yang benar siswa diharapkan mampu menilai format penilaian di dalam teks dan merefleksi isi wacana untuk menetapkan pilihan, pengambilan, seta mengaitkan isi di dalam teks dengan pengalaman pribadi. Untuk memudahkan, di bawah ini ada beberapa poin yang sepatutnya ada dalam latihan soal literasi membaca tingkat SMA yang hendak Anda buat sendiri:

I.   Menemukan Informasi

1.      Mencari dan mengakses informasi di dalam teks

Siswa diharapkan bisa menemukan informasi tersurat baik kapan, siapa, mengapa, dimana, dan bagaimana di dalam teks sastra ataupun teks informasi yang semakin meningkat sesuai dengan jenjangnya. Anda bisa membuat soal seperti ini sebanyak 6 nomor

2.      Mencari dan pilih semua informasi yang relevan

Siswa diminta mengidentifikasi kata kunci yang paling efektif untuk menemukan sumber-sumber informasi yang relevan dalam teks sastra ataupun teks informasi. Buatlah sebanyak 4 soal yang soalnya terus meningkat sesuai dengan jenjangnya.

II.            Memahami

1.      Pemahaman teks secara literal

Dalam latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, buatlah soal yang diharapkan mampu membantu siswa dalam menganalisa perubahan dalam elemen intrinsik. Hal ini mencakup karakter, kejadian, konflik, dan alur cerita dalam teks cerita yang soalnya terus meningkat sesuai jenjang. Buatkan sebanyak dua soal

2.      Penyusunan inferensi, membuat koneksi, seta prediksi dalam teks tunggal ataupun teks jamak

Buatlah soal yang memungkinkan siswa menyimpulkan perasaan serta sifat dalam tokoh dan elemen intrinsik lainnya seperti kejadian di dalam cerita sekaligus latar cerita yang berdasarkan informasi rinci pada teks sastra. Harap buat soal yang terus meningkat menyesuaikan jenjangnya dan terdiri dari 8 pertanyaan.

Kemudian buatlah soal yang mengajarkan siswa penyusunan inferensi atau kesimpulan dan prediksi berdasarkan semua unsur pendukung yakni gambar, tabel, grafik dan lain-lain, yang disertai bukti pendukung di dalam teks sastra ataupun teks informasi. Anda bisa membuat satu soal yang terus meningkat berdasarkan jenjang pendidikan siswanya.

Ketika membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, hendaknya tambahkan juga soal yang berkaitan dengan perbandingan hal-hal utama, seperti karakter tokoh maupun elemen intrinsik lain di dalam teks sastra. Harap buat soal yang isi dan tingkat kesulitannya terus bertambah sesuai dengan jenjang pendidikan siswa.

 III.            Evaluasi dan Refleksi

1.      Penilaian format penyajian di dalam teks

Bagi Anda yang hendak latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, buat soal yang menilai tujuan penulis dalam memakai kosa kata dan diksi pada teks sastra sesuai dengan jenjangnya sebanyak 1 soal.

Buat juga soal yang memungkinkan siswa menilai kesesuaian dalam pemilihan tata letak, warna, serta pendukung visual seperti tabel, grafik, dan lainnya, dalam menyampaikan topik atau pesan tertentu di dalam teks sastra maupun teks informasi sebanyak dua soal.

Soal lainnya yaitu memungkinkan siswa mampu menilai elemen intrinsik yakni alur cerita, karakterisasi, latar, dan autentisitas penggambaran masyarakat dalam teks sastra yang sesuai dengan jenjangnya sebanyak satu soal.

2.      Refleksi isi wacana untuk mengambil keputusan, mengaitkan isi teks dengan pengalaman pribadi, dan menetapkan pilihan

Dibutuhkan juga soal yang memungkinkan siswa menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi dalam teks sastra ataupun teks informasi sesuai jenjang pendidikannya. Harap buat satu soal saja.

B.     Level Pembelajaran 2

Dalam latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, hendaknya Anda juga memahami bahwa ada level pembelajaran 2. Sebagai informasi, level pembelajaran 2 ditujukan untuk siswa kelas 11 dan 12 SMA. Sama seperti level pembelajaran tingkat 1, peserta didik juga akan belajar sesuai dengan tingkat kognitif dalam literasi membaca.

Hal yang membedakan yaitu, siswa pada kelas 11 dan 12 akan memakai konten yang semakin meningkat menyesuaikan jenjangnya. Selain itu, siswa juga akan memahami teks secara literal, menyusun inferensi, serta membuat koneksi maupun prediksi bagik dalam teks tunggal atau teks jamak. Peserta didik juga akan menilai format penyajian dalam teks yang merefleksi ideologi, asumsi, ataupun nilai yang terkandung dalam teks sastra.

Coba Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SMA

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SMA

Dalam latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, perlu Anda pahami bahwa butir-butir soal asesmen literasi SMA melibatkan proses penalaran yang tak bisa dipersiapkan lewat program bimbingan belajar intensif yang pada dasarnya fokus kepada latihan soal saja. Sebab proses penalaran peserta didik justru perlu lebih banyak untuk dikembangkan serta dipupuk lewat pembelajaran di kelas.

Sebelumnya Anda sudah mengenal tentang level-level perkembangan kompetensi literasi siswa tingkat SMA. Dalam informasi di bawah ini, Anda akan langsung berlatih membuat butir-butir soal literasi SMA yang membantu siswa berlatih dengan kompetensi literasi untuk bernalar di dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Untuk langkah-langkah selengkapnya Anda bisa simak informasi di bawah ini:

1.      Memahami Kompetensi Literasi Membaca Siswa

Pertama-tama harap pahami kompetensi literasi membaca masing-masing siswa. Dari sana, Anda pun bisa memilih teks yang sesuai dengan peserta didik. Dengan demikian, Anda bisa menentukan teks paling sesuai dengan level yang dikuasai oleh diri sendiri maupun peserta didik.  

2.      Pilih Kompetensi yang Ingin Dikembangkan

Dalam latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA, setelah memilih salah satu teks bacaan yang sesuai dengan level kompetensi siswa, pilih juga kompetensi yang hendak dikembangkan dan evaluasi.

3.      Buat Soal dengan Bentuk Berbeda-beda

Berdasarkan kompetensi literasi tersebut, kini Anda bisa mulai mencoba membuat soal dengan bentuk berbeda-beda dan berdasarkan teks yang dipilih sebelumnya. Dengan begitu, soal yang Anda buat sudah sesuai berdasarkan kemampuan siswa sekaligus materi yang diajarkan di kelas.

Baca Juga: 10 Contoh Media Pembelajaran yang Menarik, Kreatif, dan Unik untuk Membantu Anak-Anak

Itulah pembahasan seputar latihan membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA yang bisa Anda pelajari. Dengan panduan diatas, diharapkan Anda bisa membuat soal asesmen literasi membaca tingkat SMA sesuai panduan dan materi resmi.