Inilah Manfaat Membaca Buku Bagi Pelajar

Manfaat Membaca Buku

Inilah Manfaat Membaca Buku Bagi Pelajar – Menurut data dari UNESCO, minat membaca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, yaitu hanya sebesar 0,001%. Sedangkan menurut studi Central Connecticut State University, Indonesia merupakan negara dengan minat baca terendah kedua di dunia, yaitu menduduki peringkat 60 dari 61 negara.

Berbeda jauh dengan negara Jepang yang mempunyai persentase membaca yang paling tinggi. Di negara Jepang, berbagai tempat akan sangat mudah didapati orang yang membaca buku.

Sangat berbeda dengan Indonesia yang lebih suka ngobrol kesana – kemari, memperbincangkan hal yang sia-sia. Kondisi tersebut tentu menjadi pemicu rendahnya kemampuan membaca orang Indonesia.

Inilah Manfaat Membaca Buku

Manfaat Membaca Buku

Faktor-faktor Rendahnya Minat Baca 

Berikut ini aspek-aspek umum yang menyebabkan rendahnya tingkat membaca di Indonesia, yaitu :

  1. Lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar yang kurang mendukung kebiasaan membaca.
  2. Rendahnya daya beli dan kesadaran
  3. Jumlah perpustakaan umum yang sangat sedikit.
  4. Dampak negatif perkembangan media elektronik.
  5. Berbagai sekolah di Indonesia, model pembelajarannya secara umum belum membuat muridnya wajib membaca.
  6. Di sekolah, sistem pembelajaran membaca yang kurang tepat.

Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar dalam belajar karena hampir semua kemampuan untuk memperoleh berbagai informasi dalam belajar bergantung pada kemampuan membaca tersebut. Melalui kegiatan membaca, seseorang dapat menggali informasi, memperoleh pengetahuan, menambah pengalaman, mengembangkan wawasan, dan belajar hal baru. Oleh karena itu, rendahnya minat baca dan rendahnya kemampuan membaca oleh para generasi muda akan berdampak buruk terhadap pengembangan diri dan kinerja mereka, yang mana selanjutnya tentu juga akan berdampak buruk terhadap kemajuan suatu bangsa.

Kata orang bijak ‘Buku Adalah Jendela Dunia’. Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, ataupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca buku, bisa membantu meraih cita-cita masa depan, dapat menambah kecerdasan otak, dan dapat menambah daya pikiran.

Menurut Sue Wilkinson, CEO dari badan amal Inggris, The Reading Agency mengatakan, membaca memiliki manfaat tambahan, yaitu bagi kesehatan fisik dan psikologis. Di tahun 2015, Mark Zuckerberg, CEO perusahaan Facebook, mengatakan “membaca sebuah buku baru setiap minggu dengan menekankan pembelajaran tentang ragam budaya, kepercayaan, sejarah, dan teknologi”, dia melanjutkan bahwa dengan membaca bisa memberi kepenuhan secara intelektual. Sebuah riset lain juga menunjukkan dari 1.500 orang pembaca dewasa, ditemukan bahwa 76%
dari mereka mengatakan kalau membaca dapat meningkatkan kehidupan mereka dan membantu merasa lebih baik.

Manfaat Membaca Buku

Manfaat Membaca Buku

Berikut ini manfaat membaca buku, yaitu :

  1. Gaya bicaranya menjadi lebih lancar.
  2. Mudah menyampaikan sesuatu jika ingin menjelaskan sesuatu lewat lisan.
  3. Dapat mengatasi kegagapan.
  4. Omongan jadi cukup berisi.
  5. Mudah mengeksplorasi dan mengembangkan materi yang ingin dibicarakan.
  6. Bisa memperpanjang dan memperlebar pembicaraan.
  7. Lebih mudah merumuskan berbagai ide.
  8. Bahasa yang dimiliki semakin berkualitas.
  9. Mudah menggali dan mengeluarkan pikiran dan gagasan berkualitas.

Umumnya banyak orang mengeluh ketika seseorang sedang membaca, ada yang berpendapat bahwa membaca itu membosankan, sulit fokus saat membaca, hingga sering merasa kantuk. Sebenarnya hal tersebut memang wajar terjadi, karena sebagian besar buku berwarna putih dengan tulisan hitam. Warna yang kontras tersebut membuat mata sulit untuk merespon.

Tips Untuk Menyukai Membaca Buku

Berikut ini tips yang perlu dicoba agar terbiasa membaca buku, yaitu :
1) Pilih waktu membaca yang tepat.
2) Menciptakan suasana yang nyaman dan enak.
3) Memberikan jeda waktu untuk istirahat.
4) Menentuka tujuan membaca buku demi mendapatkan hasil yang optimal.
5) Memahami gambaran sebagian isi dari buku.
6) Tandai hal-hal penting yang telah dibaca.

Jumlah persentase masyarakat Indonesia terhadap kebiasaan membaca sungguh sangat rendah di mata dunia. Untuk itu menumbuhkan minat baca buku terhadap masyarakat Indonesia dirasa cukup penting. Banyak tokoh-tokoh besar dunia ini membangun kesuksesannya dengan menanamkan kebiasaan baca buku. Dengan menanamkan kebiasaan baca buku, terutama untuk generasi muda Indonesia, maka akan berdampak positif terhadap kemajuan bangsa kedepannya.