Inilah Materi Cuci Tangan 6 Langkah yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Materi Cuci Tangan 6 Langkah

Inilah Materi Cuci Tangan 6 Langkah yang Bermanfaat Bagi Tubuh – Di masa sekarang, penyakit bisa menular dengan cepat dan membahayakan tubuh manusia. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara tepat untuk mencegah penularan penyakit berbahaya tersebut. Salah satu cara pencegahan paling tepat untuk penularan penyakit adalah dengan menerapkan materi cuci tangan 6 langkah yang sudah ditetapkan secara resmi oleh lembaga kesehatan dunia WHO.

Perlu Anda ketahui, menjaga kebersihan tangan memang menjadi hal utama dalam pencegahan serta pengendalian infeksi. Berdasarkan hasil penelitian, mencuci tangan dengan benar bisa menurunkan angka penularan berbagai penyakit menular seperti diare, influenza, sampai hepatitis A sampai 50%. Oleh sebab itulah, Anda perlu tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar agar mampu mencegah datangnya penularan penyakit.

Memahami Materi Cuci Tangan 6 Langkah yang Benar

Materi Cuci Tangan 6 Langkah

Materi cuci tangan 6 langkah mengajarkan Anda cara mencuci tangan yang benar dan tepat untuk diketahui. Hal itu karena tangan kerap kali menjadi media perantara penyebaran dan penularan penyakit. Selain itu, mencuci tangan bisa melindungi tubuh dari bermacam kuman sebagai sumber penyebab penyakit yang sering menempel di tangan ketika memasak, pergi ke toilet, berjabat tangan, ataupun menyentuh tangan orang lain.

Selain itu, kuman juga dapat menempel di tangan ketika menutup hidung dan mulut tanpa tisu ketika bersih ataupun batuk. Bukan itu saja, virus corona yang menjadi penyebab Covid-19 juga dapat menempel di tangan serta menyebabkan infeksi kalau tangan yang kotor menyentuh hidung, mata, dan mulut. Jangan Anda anggap sepele kebiasaan mencuci tangan agar terhindar dari semua penyakit yang menular.

Supaya terhindar dari bermacam penyakit menular, Anda harus mengetahui materi cuci tangan 6 langkah dan rajin menerapkannya. Hal itu perlu dilakukan terutama sebelum makan, minum obat, dan melepas atau memasang lensa kontak. Bukan itu saja, cuci tangan juga perlu dilakukan sesudah buang air kecil ataupun buang air besar, membuang sampah, menyentuh hewan peliharaan, serta merawat muka.

Materi Cuci Tangan Apa Saja?

Materi Cuci Tangan 6 Langkah

Dalam materi cuci tangan 6 langkah sendiri, terdapat cara untuk mencuci tangan dengan benar sesuai standar WHO dan menerapkannya setiap hari. Cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir menjadi cara terbaik untuk membunuh kuman. Tetapi kalau tak tersedia, Anda juga bisa memakai hand sanitizer yang berbasis alkohol 60% sebagai pengganti dari sabun.

Walaupun begitu, pemakaian hand sanitizer tidak dibenarkan apabila tangan Anda terdapat kuman yang begitu kotor dan sulit untuk dibersihkan. Sebelum cuci tangan, harap pastikan di rumah anad terdapat sabun dan sumber air yang mengalir dengan bersih. Sebaiknya Anda mengalirkan air terlebih dahulu, kemudian letakkan sabun baik sabun cair atau sabun batang di tangan. Harap jauhkan tangan Anda dari air selama mencuci tangan.

Untuk memudahkan, berikut ini ada beberapa cara mencuci tangan dengan benar yang sesuai materi cuci tangan enam langkah untuk Anda terapkan sekarang juga:

1.      Mencuci Telapak Tangan

Cara mencuci tangan yang tepat sesuai dengan materi cuci tangan 6 langkah adalah dengan mencuci bagian telapak tangan terlebih dahulu. Caranya yaitu ambil sabun batang atau cair dan letakkan di bagian telapak tangan Anda. Sebelumnya, basahi tangan Anda terlebih dahulu dan gosokkan air ke kedua telapak tangan beserta sabun sampai merata.

2.      Menggosok Punggung Tangan

Sesudah menggosok bagian telapak tangan, cara mencuci tangan sesuai materi yang benar adalah dengan menggosok bagian punggung tangan. Gosokkan sabun cuci tangan ke bagian punggung tangan kanan dan kiri. Harap pastikan semua bagian punggung tangan Anda terkena sabun sampai merata.

3.      Gosok Sela-Sela Jari

Tutorial mencuci tangan yang baik dan sesuai dengan materi cuci tangan 6 langkah adalah menggosok di sela-sela jari. Sebagai informasi, area tersebut disebut sebagai tempat favorit bersarangnya kuman, bakteri, dan patogen sebagai penyebab penyakit. Bukan tanpa alasan, sela-sela jari tersembunyi dan jarang terjamah sehingga mudah bagi bakteri berkembang biak.

4.      Menggosok Bagian Punggung Jari

Sesudah bagian sela-sela jari, mencuci tangan juga perlu dilakukan di bagian punggung jari tangan. Sebaiknya Anda menggosok bagian tersebut dengan gerakan yang saling mengunci. Gerakan seperti ini bertujuan agar bagian punggung jari benar-benar sudah terkena dengan sabun dan membuat kuman mati.

5.      Membersihkan Ibu Jari

Cara mencuci tangan yang benar serta sesuai dalam materi cuci tangan 6 langkah yaitu membersihkan ibu jari. Anda perlu membersihkan ibu jari kanan dan kiri secara bergantian. Adapun gerakan yang dilakukan adalah dengan cara memutar. Harap pastikan semua area ibu jari kanan dan kiri terkena sabun serta dibersihkan sampai menyeluruh.

6.      Membersihkan Kuku dan Ujung Jari

Langkah terakhir untuk mencuci tangan yang benar adalah membersihkan di bagian kuku atau ujung jari. Caranya yaitu menguncupkan bagian ujung tangan dan gosok ke telapak tangan. Hal ini dilakukan agar ujung jari dan kuku Anda benar-benar bersih dan terbebas dari kuman yang keberadaannya menyelip di antara kuku-kuku.

Sesudah mengikuti semua tahapan dalam materi cuci tangan 6 langkah di atas, maka proses cuci tangan bisa Anda akhiri. Sebaiknya Anda mencuci tangan dengan semua langkah tersebut selama 15 sampai 30 detik dan diakhiri dengan mengeringkannya menggunakan tisu, lap, maupun hand dryer. Sesudah dikeringkan, Anda bisa membersihkan tangan secara maksimal dengan menggunakan hand sanitizer.

Selama melakukan prosedur mencuci tangan yang baik dan benar, maka dapat dipastikan Anda terbebas dari penularan berbagai jenis penyakit. Karena itulah, penting untuk Anda mulai menerapkan cuci tangan sesuai dengan materi yang diresmikan oleh WHO sekarang juga. Tetapi jika Anda tengah bepergian dan tak menemukan air di sekitar, maka bisa memakai hand sanitizer yang sudah dijamin bersih.

Manfaat Mencuci Tangan dengan Benar

Materi Cuci Tangan 6 Langkah

Memahami sekaligus menerapkan apa yang ada dalam materi cuci tangan 6 langkah tentu sangat penting bagi mereka yang melakukannya. Bukan tanpa sebab, materi tersebut akan memaksimalkan pembersihan bagian tangan Anda. Ini merupakan langkah sederhana untuk pencegahan dari berbagai hal negatif. Bukan itu saja, ada beberapa manfaat dari mencuci tangan yang benar dan sesuai materi di atas, yaitu:

1.      Membunuh Virus dan Kuman yang ada di Tangan

Dengan mengikuti dan menerapkan materi cuci tangan 6 langkah, maka Anda sudah melakukan langkah awal membunuh virus dan kuman yang bersemayam di tangan. Dengan mencuci tangan, maka potensi masuknya virus dan kuman dapat Anda minimalisir sejak awal. Hal tersebut juga membuat Anda mencegah terjadinya penularan penyakit yang sering kali diawali dari tangan.

2.      Mencegah Zat Berbahaya dan Benda Asing Masuk ke Dalam Tubuh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di tangan terdapat kuman dan virus berbahaya karena Anda menyentuh berbagai benda menggunakan tangan. Tak hanya itu, tangan Anda mungkin saja menyentuh benda yang didalamnya terkandung zat berbahaya untuk kesehatan. Oleh sebab itu, mencuci tangan sama seperti meminimalisir masuknya zat berbahaya tersebut dan tidak membuatnya tertelan ke dalam tubuh.

3.      Pencegahan Penularan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Hal lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti materi cuci tangan 6 langkah adalah mencegah penularan penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA. Perlu Anda ketahui, ISPA merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa ditularkan lewat tangan. Contoh penyakit ISPA seperti flu, batuk, radang tenggorokan, sinusitis, dan lainnya. Penularan ISPA umumnya terjadi karena tangan yang kotor dipakai untuk makan atau menyentuh bagian hidung.

4.      Mencegah Penyakit Infeksi Mata

Tangan yang dalam kondisi kotor juga bisa menyebabkan infeksi pada bagian mata Anda. Saat mata terasa tidak nyaman atau gatal, manusia cenderung mengusap bagian matanya menggunakan tangan. Padahal saat itu bisa saja tangan Anda dalam kondisi kotor dan belum dicuci. Karena itu, rutin mencuci tangan sesudah melakukan berbagai aktivitas apalagi di luar rumah bisa meminimalisir terjadinya infeksi pada bagian mata.

5.      Mencegah Penularan Penyakit di Bagian Saluran Pencernaan

Macam penyakit lain yang bisa ditularkan lewat tangan yaitu penyakit saluran pencernaan. Pada umumnya penyakit saluran pencernaan terjadi karena makanan yang tidak higienis masuk ke dalam tubuh. Tetapi, tangan yang dalam kondisi kotor juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit tersebut. Penyakit di saluran pencernaan seperti cacingan, tifus, diare, dan disentri akan menanti apabila Anda tidak mengikuti materi cuci tangan 6 langkah.

6.      Mencegah Tertularnya Penyakit Kulit

Malas mencuci tangan Anda sampai bersih juga bisa meningkatkan resiko tertularnya penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit seperti kutu air, bisul, kudis, kurap, cacar, dan jerawat bisa disebabkan karena kuman dan jamur yang terdapat di tangan kotor. Apalagi jika kulit Anda cenderung sensitif, maka penularan penyakit kulit lebih besar terjadi. Untuk itu, rajinlah cuci tangan apalagi saat Anda hendak memegang area kulit yang sensitif.

7.      Langkah Penghematan

Manfaat menerapkan materi cuci tangan 6 langkah lainnya yaitu menekan pengeluaran untuk membayarkan biaya kesehatan. Sebab mencuci tangan dengan benar bisa menghindarkan Anda dari penularan berbagai penyakit. Selain itu, langkah kecil seperti mencuci tangan sudah terbukti efektif sebagai upaya untuk memelihara kesehatan. Apalagi jika Anda sering bepergian, maka jangan sampai lupa mencuci tangan sesering mungkin.

Baca Juga: 7 Mata Pelajaran yang Harus Dikuasai untuk Masuk Fakultas Kedokteran

Itulah pembahasan seputar materi cuci tangan 6 langkah yang perlu Anda terapkan sekarang juga. Dengan pemahaman tersebut, besar harapan Anda bisa menerapkannya dan terbebas dari masalah penyakit yang bisa terjadi karena malas mencuci tangan.