Trial Tes Online Telkom: Pahami Jenis dan 4 Cara Periksa Kelolosannya

Trial Tes Online Telkom

Trial Tes Online Telkom: Pahami Jenis dan 4 Cara Periksa Kelolosannya – Telkom adalah salah satu BUMN yang kerap kali membuka lowongan pekerjaan untuk publik. Adapun biasanya lowongan pekerjaan dari Telkom ada dalam Rekrutmen Bersama BUMN dan umumnya diselenggarakan setiap tahunnya. Bagi orang yang ingin melamar salah satu posisi di perusahaan Telkom, maka wajib lolos beberapa trial tes online Telkom. Sebagai informasi, tes tersebut terdiri dari beberapa jenis yang perlu diikuti oleh pelamar kerja.

Sekedar informasi, pendaftaran trial tes online BUMN Telkom berbeda-beda sesuai jadwal yang ditentukan secara resmi. Tes trial online di Telkom terdiri dari beberapa tes berbeda antara lain tes TKD BUMN, tes bidang Telkom, tes value BUMN, tes kemampuan dasar BUMN, tes wawasan kebangsaan Telkom, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang belum tahu tentang trial tes online Telkom silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Trial Tes Online Telkom?

Trial Tes Online Telkom

Meskipun jumlah peminat yang melamar di perusahaan Telkom cukup tinggi, sayangnya banyak orang belum mengetahui tentang trial tes online Telkom. Sebagai informasi, trial tes online di Telkom adalah salah satu jenis tes yang bisa Anda jalankan di rumah dan tidak perlu mengantri di kantor Telkom untuk melamar pekerjaan. Kendati demikian, ada beberapa keperluan yang harus dipenuhi sehingga Anda bisa mengikuti trial tes online tersebut.

Dalam laman resmi Telkom, trial tes online Telkom adalah tes percobaan yang diselenggarakan sebelum menjalankan tes online Telkom itu sendiri. Pada tahun ini, trial tes online di Telkom berlangsung pada hari Minggu 11 Juni 2023 lalu, jika mengacu pada jadwal. Untuk dapat melakukan trial tes online di Telkom, Anda harus memakai akun email sendiri sesuai berdasarkan biodata asli.

Tak hanya itu, Anda juga perlu menggunakan komputer ataupun laptop. Namun jika Anda tidak mempunyai kedua perangkat tersebut, maka silahkan kerjakan trial tes online di Telkom menggunakan ponsel. Dengan demikian, proses seleksi tes online Telkom bisa berjalan lancar tanpa kendala berarti. Lantas apakah trial tes online Telkom hukumnya wajib diikuti oleh seluruh pendaftar?

Ternyata trial tes online Telkom tidak bersifat wajib. Kendati demikian, pihak panitia pelaksana merekomendasikan para peserta agar mengikuti trial tes sebagai sebuah persiapan. Jika peserta tak ikut dalam trial tes online di Telkom, maka masih bisa ikut serta tes online berdasarkan jadwal yang tersedia. Sekedar informasi, peserta diharuskan mengerjakan tes online Telkom sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Ada risiko yang terjadi lantaran kelalaian peserta tak mengikuti tes online berdasarkan jadwal yang ditetapkan. Risiko tersebut merupakan tanggung jawab para peserta. Dalam pengerjaan trial tes online Telkom ataupun tes online resminya, peserta akan diberi instruksi saat pengerjaan soal. Selain itu, ada juga contoh soal di masing-masing subtes yang terletak di bagian awal sebelum mengerjakan soal-soal sebenarnya.

Supaya semakin mantap dalam mengerjakannya, trial tes online Telkom diadakan supaya peserta tidak terkejut ketika pengerjaan ujian sesungguhnya. Apabila belum menerima jadwal tes, terdapat dua kemungkinan yaitu tidak lolos atau bisa juga karena belum mengecek secara keseluruhan akun milik peserta sendiri. Untuk itulah, harap perhatikan akun Anda sehingga bisa ikut dalam trial tes online di Telkom ataupun tes sesungguhnya.

Cara Cek Pengumuman Trial dan Tes Online Sesungguhnya

Trial Tes Online Telkom

Agar Anda tidak merasa bingung, berikut ini ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan dalam mengecek pengumuman trial dan tes online Telkom terbaru:

1.      Cek Akun Rekrutmen Bersama BUMN (RBB)

Supaya dapat mengerjakan trial tes online Telkom, harap pastikan email serta kata sandi akun RBB Anda sudah benar. Kalau Anda lupa kata sandi, hanya perlu tekan tombol lupa password yang terletak di halaman login. Setelah itu, konfirmasi reset kata sandi nantinya dikirimkan ke email yang didaftarkan secara resmi. Apabila ada ketidaksesuaian serta kesulitan lebih lanjut, Anda bisa segera melapor ke layanan resmi helpdesk RBB.

2.      Mengecek Notifikasi E-mail

Anda jangan sampai lupa juga cek notifikasi di email yang sudah didaftarkan sebagai akun resmi RBB untuk informasi lebih lanjut tentang kapan penyelenggaraan trial tes online Telkom. Jika mendapatkan email berupa akun tes dari kata sandi dan username, berarti Anda lolos ke tahapan berikutnya.

Trial Tes Online Telkom

3.      Memperhatikan Jadwal Trial dan Online Tes

Jadwal tahapan pelaksanaan trial tes online Telkom dan tes resmi akan dikirim lewat email peserta yang sudah terdaftar ketika pendaftaran dalam website RBB di dalam menu Lamaran Saya. Apabila menerimanya, maka Anda lolos ke tahapan selanjutnya. Ketentuan untuk tes online tahap 1 antara lain:

·         Jenjang SMA sederajat: TKD – Tes Kemampuan dasar

·         Jenjang D3, D4, S1, S2: TKD – Tes Kemampuan Dasar dan Tes Akhlak

Minimal nilai dalam kelulusan Tes Akhlak yaitu 65 dari total soal yang tersedia. Sementara itu, untuk minimal kelulusan TKD (Tes Kemampuan Dasar) yaitu 58 dari total soal yang tersedia.

4.      Cek Dashboard dalam Website Resmi RBB

Pengumuman trial tes online Telkom dan tes resmi bisa dicek secara berkala dalam website RBB yang terletak di dalam menu Kotak Masuk dan Lamaran Saya. Jika di dashboard Anda menemukan kata lolos di bagian seleksi administrasi dan registrasi, maka terdapat informasi jadwal tes tepat di bagian Kotak Masuk.

Itulah pembahasan tentang trial tes online Telkom yang calon pendaftar BUMN ketahui. Dengan informasi tersebut, diharapkan Anda sudah mempersiapkan diri sehingga berpeluang besar lolos seleksi Telkom.