Inilah 3 Alasan Penting Jogja Menjadi Kota Incaran Camaba

Usai menjalani kehidupan Sekolah Menengah Atas, pasti banyak lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu kuliah.

Ada yang menginginkan berkuliah di dalam kota saja atau juga di luar kota. Restu orangtua biasanya menjadi patokan para lulusan SMA ini akan melanglangbuana ke kota mana untuk melanjutkan pendidikan.

Dari sekian banyak kota yang menjadi tempat untuk kuliah, Jogja merupakan kota favorit dan menjadi pilihan terbanyak bagi mereka yang melanjutkan pendidikan. Bahkan, tidak sedikit para orangtua yang menyarankan anaknya untuk kuliah di Jogja saja.

Kira-kira kenapa Jogja menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang ? Penulis sendiri juga merupakan alumnus kota Jogja, setelah dipikir matang-matang memang hanya Jogja yang memiliki keistimewaan.

Apa saja keistimewaannya ? Sesuai namanya bukan, Jogja Istimewa.

Kota Pendidikan

Sesuai julukannya, Jogja merupakan kota pendidikan, ya, karena banyak kampus-kampus yang berpusat di Jogja dari kampus swasta sampai kampus negeri.

Jika disebutkan, kampus-kampus yang ada di Jogja antara lain, meliputi kampus negeri yaitu UIN Sunan Kalijaga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta dan kampus swasta yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Janabadra, Universitas Teknologi Yogyakarta, STIMIK AMIKOM, Universitas Ahmad Dahlan, dan masih banyak lainnya.

Disebut kota pendidikan selain melahirkan puluhan kampus juga memiliki variasi bidang keilmuan, seperti pendidikan, teknologi, pertanian dan lain-lain.

Maka dari itu,saat ini banyak perusahaan start-up yang mulai berdiri di Jogja karena SDM-nya yang melimpah, sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin

Biaya Hidup Terjangkau atau Murah

Meskipun Jogja merupakan kota besar, biaya hidup untuk bisa menjalani kelangsungan hidup sangatlah terjangkau.

Mungkin bagi kebanyakan orang, nasi kucing adalah makanan favorit apalagi bagi para mahasiswa, favorit banget. Karena bisa dibeli dengan membayar 2000 rupiah saja, sudah mendapatkan lauk sekalian, meskipun dalam porsi yang sedikit.

Tidak hanya makanan, berbagai kebutuhan yang lain seperti fashion juga terjangkau. Bukan hanya di pasar bringharjo tempat membeli barang kebutuhan rumah tangga yang murah, hampir semua toko di Jogja juga menjual dengan harga yang terjangkau.

Jadi, tidak perlu khawatir akan keluar uang banyak saat membeli peralatan kos-kosan. Barkas Jogja juga banyak dijual, jadi tidak perlu bingung untuk membeli barang yang dibutuhkan tetapi keuangan menipis.

Full Tempat Wisata

Siapa sih yang tidak ingin berwisata ? Jogja adalah tempatnya untuk berwisata.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa destinasi wisata di Jogja sangatlah banyak seperti Taman Sari, Malioboro, Hutan Pinus, Puncak Becici, Bukit Bintang, Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir dan masih banyak lainnya.

Jadi, selain mendapatkan ilmu selagi kita kuliah. Bisa juga sambil menyelam minum air.

Agendakan sekali dalam setiap minggu untuk mengunjungi salah satu wisata yang ada di Jogja. Ketika, genap 4 tahun kelulusan, semua destinasi wisata di Jogja sudah lengkap juga untuk dikunjungi.

Untuk yang memiliki hobi menaiki gunung. Berdomisili di Jogja merupakan perihal yang sangat strategis, karena jaraknya dekat dengan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Dieng dan lain-lain.

Nah, itu dia ke-3 alasan istimewa kenapa kamu harus memutuskan untuk memilih kuliah di Kota Jogjakarta. Pastinya nggak akan menyesal sih.

Bagi anak-anak muda, Jogja juga merupakan tempat ternyaman karena banyak sekali coffe shop yang menyajikan makanan-minuman terjangkau, fasilitas nyaman untuk nongkrong dengan teman, sahabat maupun gebetan, serta yang paling penting disuguhi hiburan berupa live music ataupun diskusi bersama, ciri khas anak muda Jogja.

Baca Juga:

Tembus PTN Sesuai Jurusan Pilihan, Pelajari 4 Hal Ini

3 Website Edukasi Gratis yang Wajib Kamu Coba