Pentingnya Cek NISN Sedini Mungkin, Valid Atau Tidak ?

Mengecek Kevalidan Kartu

Bagi kalian yang sedang duduk di bangku SMA pasti tidak asing lagi dengan istilah NISN.

Apa itu NISN ?

NISN adalah nomor induk siswa nasional artinya nomor induk ini lingkupnya bersifat nasional karena diberikan langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada umumnya, setiap siswa-siswi yang mengikuti jenjang pendidikan diberikan NISN mulai dari SD, akan tetapi ada juga yang menerima ketika SMP dan nomor induk siswa ini bersifat tetap artinya nomor yang tertera di kartu NISN kalian tidak akan berubah meskipun jenjang pendidikan berganti.

Nah bagi kamu yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi, wajib sekali untuk mengecek apakah NISN kamu sudah terdeteksi di Kemendikbud atau belum dan apakah NISN yang kamu miliki sudah sesuai dengan data yang ada, ini penting sekali karena jika tidak sesuai pastinya harus diubah dan pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Memangnya Apa Kegunaan NISN ?

Kenapa sih harus mengecek NISN ? Buat kamu yang ingin lanjut kuliah, NISN digunakan untuk proses pendaftaran seleksi masuk perguruam tinggi. Baik untuk pendaftaran seleksi NMPTN dan BMPTN. Begitu juga ketika kalian akan mendaftar perguruan tinggi dengan jalur mandiri, mendaftar di Politeknik dan juga untuk mendaftar beasiswa dari pemerintah misalnya, semuanya harus memasukkan data NISN.

Jadi akan sangat berbahaya jika kalian tidak mengecek status NISN kalian sedini mungkin karena akan menghambat proses pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi jika misalnya ada suatu data yang tidak sesuai atau misalkan NISN kalian ternyata belum terdaftar.

Bagaimana Cara Mengecek NISN ?

Untuk mengecek secara langsung NISN yang kalian miliki sudah valid atau belum, kalian bisa langsung menuju alamat web Kemendikbud yaitu https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ dan bisa langsung mengeceknya dengan memasukkan nomor NISN dan nama ibu kandung atau bisa juga mencarinya lewat pencarian by name yaitu memasukkan data berupa nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu kandung.

Mengecek NISN dengan No. NISN

Setelah kalian memasukkan data dengan benar klik Enter dan lihatlah hasilnya seperti apa. Jika tersedia, artinya NISN kalian sudah valid. Tetapi, jika di halaman pencarian tidak muncul artinya NISN kalian belum valid sehingga harus segera diperbaiki dan dibenarkan untuk bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga:

3 Website Edukasi Gratis yang Wajib Kamu Coba

Duo Aplikasi Video Conference Populer Saat ini