Program Magang Dilakukan Agar Calon Tenaga Kerja Semakin Siap Terjun Di Dunia Industri Sesungguhnya

Program Magang Dilakukan Agar Calon Tenaga Kerja

Program Magang Dilakukan Agar Calon Tenaga Kerja Semakin Siap Terjun Di Dunia Industri Sesungguhnya – Kegiatan magang  menjadi salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa. Pada umumnya memang kegiatan ini diatur oleh pihak kampus sebagai salah satu syarat kelulusan, sehingga mau tidak mau setiap mahasiswa harus mengambilnya. Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja menjadi semakin terlatih.

Calon tenaga kerja tersebut adalah mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan magang berarti telah memenuhi salah satu persyaratan lulus dari kampus. Bagi kamu mahasiswa yang masih belum tau apa itu magan, yuk simak informasi lengkap yang akan kami berikan!.

Mengenal Kegiatan Magang

Apa sih sebenarnya magang itu? Adalah pertanyaan yang kerap dilontarkan mahasiswa semester awal. Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja semakin mumpuni sebelum terjun di dunia kerja sesungguhnya. Mahasiswa semester awal yang masih belum mengikuti kegiatan ini selalu bertanya – tanya tentang kegiatan magang ini.

Magang adalah proses guna menerapkan ilmu dan skill yang diperoleh ketika sedang menjalani masa pendidikan di dunia pekerjaan langsung. Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja mampu memahami sistem kerja profesional di industri sesungguhnya.

Sedangkan pengertian magang berdasarkan undang – undang yakni magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang secara langsung diadakan oleh perusahaan. Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja lebih mempersiapkan diri sebelum terjun di industri.

Setiap Mahasiswa Diharuskan Mengikuti Kegiatan Magang

Program magang di kampus biasa dikenal dengan nama Praktik Kerja Lapang atau PKL. Tujuan dari magang ini adalah memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa. Tidak heran jika program magang dilakukan agar calon tenaga kerja tidak kaget ketika nanti terjun langsung dalam dunia kerja.

Bagi kamu mahasiswa yang masih berada di semester awal sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan magang ini. Kamu dapat memilih beberapa tempat industri yang mumpuni untuk dijadikan sebagai tempat magang. Dalam hal ini kamu dapat meminta bantuan kepada kakak tingkat untuk memberikan rekomendasi tempat – tempat magang.

Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja mampu beradaptasi di dunia industri. Kegiatan magang memiliki berbagai tujuan dan manfaat bagi mahasiswa, sehingga tidak heran jika dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan nantinya. Bahkan saat ini terdapat beberapa industri yang memberikan sertifikat magang kepada para mahasiswa yang telah melewati masa Praktik Kerja Lapangnya.

Dengan sertifikat tersebut mahasiswa menjadi memiliki nilai tambah setelah lulus dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam mencari pekerjaan. Hal tersebut adalah salah satu diantara banyaknya manfaat yang diberikan dalam kegiatan magang mahasiswa. Kemendikbud Ristek pun sangat mendukung adanya kegiatan magang yang diselenggarakan oleh kampus. Disamping itu juga dikerluarkan kebijakan kampus magang yang bersertifikat.

Manfaat Magang Untuk Mahasiswa

Mengimplementasikan ilmu dari tempat kuliah

Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja dapat mengimplementasikan setiap ilmu dan skill yang didapat dari perkuliahan. Seorang bijak pernah mengatakan bahwa orang yang berilmu bukanlah orang yang sekolah tinggi, melainkan mereka yang mampu menyelesaikan berbagai persoalan dengan ilmunya.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan dari program magang, berbagai ilmu yang didapatkan pada saat kuliah dapat dituangkan secara langsung. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja dapat mempraktikkan langsung guna mengatasi permasalahan secara nyata. 

Meningkatkan kualitas diri

Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja dapat meningkatkan kualitas dalam dirinya.  Kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dapat semakin meningkat dengan mengikuti program magang. Pasalnya mereka harus melakukan koordinasi bersama kolega lain.

Hal itulah yang menjadi hal positif dalam berbagai aspek kehidupan mahasiswa. Pihak perusahaanpun tentu akan melihat bagaimana nilai positif yang diberikan oleh mahasiswa kepada perusahaan tempat magang. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja semakin mengembangkan kualitas dalam dirinya.

Belajar berkomunikasi

Program Magang Dilakukan Agar Calon Tenaga Kerja

Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja dapat bersosialisasi dengan baik. Berkomunikasi dengan teman saat kuliah dan di tempat magang sangatlah berbeda. Dalam dunia kerja, seakrab apapun kamu dan teman kerja tetaplah ada batasan yang harus dijaga.

Misalnya saja, kamu memiliki tempat dengan apartemen yang berbeda, namun pada saat memeriksa hasil pekerjaan kamu tetap harus dapat bekerja secara objektif. Program magang  mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja tidak menerima suatu laporan begitu saja hanya dikarenakan kedekatan secara pribadi.

Menambah relasi

Program magang dilakukan agar calon tenaga kerja  dapat menambah relasi dalam lingkungan kerja. Semakin luas relasi yang terjalin dalam lingkungan yang profesional, maka semakin banyak kesempatan belajar dalam keahlian di suatu bidang.

Kamu akan mendapat mentor berpengalaman dan berbagai kesempatan lain di dunia pekerjaan. Misalnya saja mendapat partner bisnis, partner kerja bahkan partner hidup atau pasangan hidup. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja dapat lebih luas dalam membangun relasi.

Menambah pengalaman kerja untuk CV

CV atau resume ternyata sangat berharga dalam dunia pekerjaan. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja dapat menambah pengalaman kerja dalam resume. Pengalaman di dunia kerja dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi pewawancara yang akan mewawancaraimu nantinya.

Terlebih jika nilai yang kamu dapatkan di tempat kerja memuaskan, tentu kamu akan mendapat penilaian yang lebih. Bahkan kamu memiliki peluang untuk diterima langsung di tempat magang tersebut. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja mendapat ilmu yang lebih untuk dimasukkan dalam resume atau CV.

Manfaat Magang Untuk Perusahaan

Program Magang Dilakukan Agar Calon Tenaga Kerja

Tidak hanya mahasiswa, pihak perusahaan pun akan mendapat banyak manfaat dari kegiatan magang ini. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja mendapat banyak keuntungan dan juga membantu perusahaan secara tidak langsung.

Salah satu manfaat yang didapatkan adalah dapat brainstorming bersama anak magang tentang bagaimana mahasiswa sebagai orang luar melihat industri tersebut. Disamping itu perusahaan akan mendapat berbagai ide – ide baru dari mahasiswa yang sebelumnya belum pernah terpikirkan.

Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja memberikan kontribusi lebih untuk perusahaan. Mereka dapat menuangkan setiap kreatifitas yang dimilikinya untuk perusahaan di berbagai bidang yang diikutinya.

Manfaat Magang Untuk Kampus

Pihak kamu juga akan mendapat manfaat ketika melakukan kegiatan magang bagi mahasiswanya. Beberapa diantaranya :

  1. Menjalin kerjasama dengan perusahaan tempat magang mahasiswa
  2. Meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja yang diperoleh saat magang
  3. Universitas menjadi lebih dikenal oleh dunia industri

Hal – hal penting program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja lebih siap nantinya. Bagi kamu para mahasiswa di semester akhir yang akan mengikuti kegiatan magang pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik.

Tidak perlu takut untuk mengikuti kegiatan magang ini ya teman. Program magang mahasiswa dilakukan agar calon tenaga kerja mampu meningkatkan kualitas dalam dirinya menjadi semakin baik. Tetap semangat dan jadilah yang terbaik dalam setiap kegiatan magang.